Terkuak, Mafia Umrah Agen Travel Naila Safaah Punya 300 Cabang di Indonesia, Hanya 40 yang Terdaftar di Kemenag

ERA.id - Polda Metro Jaya mengungkapkan agen travel umrah PT Naila Safaah Wisata Mandiri punya lebih dari 300 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari ratusan kantor cabang itu, hanya sekira 40 yang resmi terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag).

"Informasi terakhir sekitar 300-an dan mungkin akan terus bertambah. Yang resmi sekitar 40 lebih tapi yang belum terdaftar sekitar 300-an," kata Kasubdit Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kompol Ratna Quratul Aini kepada wartawan, Rabu (29/3/2023).

Banyaknya kantor cabang yang tak berizin membuat para pelaku leluasa mencari korban-korban yang hendak pergi umrah. Ratna menyebut investigasi terkait kasus ini masih terus dilakukan.

Masyarakat diminta melapor bila menjadi korban penipuan dan penggelapan PT Naila Safaah Wisata Mandiri.

"(Lebih dari 300 kantor cabang) di seluruh Indonesia selama ini, kita akan terus kita dalami dan kembangkan. Bisa lebih karena ada beberapa korban yang belum membuat laporan atau datang ke sini," ujarnya.

Ratna menjelaskan tiga pelaku travel agent PT Naila Safaah Wisata Mandiri melakukan penipuan ke para jemaah dengan promo daftar sembilan gratis satu. Para pelaku ini mengincar jemaah keluarga dan pedagang.

"Mereka rata-rata ini mengincar keluarga ya, jadi biasanya iming-iming apabila bisa mengumpulkan jemaah sebanyak sembilan orang bisa gratis satu. Jadi rata-rata di keluarga itu mengajak bapak ibunya atau keluarganya, kemudian ikut mendaftar," ucapnya.

Selain mencari jemaah keluarga, para pelaku juga mengincar pedagang yang ingin pergi umrah. Mereka juga menawarkan paket umrah plus wisata ke Dubai para calon jemaah.

PT Naila Safaah Wisata Mandiri mematok harga Rp30-38 juta untuk paket umrah plus wisata ke Dubai selama 15 hari.

"Jadi yang berdagang ini kemudian ditawari paket umrah plus wisata Dubai. Jadi rata-rata mereka tertarik. (Lalu) Cashback Rp2 juta itu diberikan untuk mereka yang mampu mengkompulir sembilan jemaah, kemudian diberikan cashback dan gratis satu jemaah," tambahnya.