Dipukuli hingga Diusir, Viral Sosok Alya Theresia Ngaku Anak Mama Dedeh yang Nekat Pindah Agama

ERA.id - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya pengakuan dari sosok wanita bernama Alya Theresia Syarifudin. Ia mengaku sebagai anak kandung dari pendakwah kondang Mama Dedeh yang pindah agama sejak 2004.

Wanita bernama Alya ini mengaku sudah murtad sejak 2004 dan dibaptis di Bandung, Jawa Barat. Ia dan suaminya tinggal di Sawojajar, Kota Malang, Jawa Timur dan memeluk agama Kristen selama 18 tahun. Tindakannya yang keluar dari agama Islam membuat keluarganya murka, terutama sang ibu Mamah Dedeh.

"Mengaku Anak Kandung Mamah Dedeh, Alya Diusir Karena Ketahuan Murtad Sejak 2004," bunyi keterangan dalam video, dikutip dari akun Instagram @viral62com pada Senin (3/4/2023).

Mulanya, Alya Theresia tak sengaja membaca Alkitab milik temannya yang tertinggal dirumahnya. Lalu, ia membaca kutipan ayat Alkitab yang menyebut 'Kami patut percaya bahwa Yesus benar-benar ada'.

Keinginannya untuk murtad diperkuat dengan sang pacar yang merupakan seorang Nasrani. Awalnya, Alya bercerita dirinya ingin mengajak sang pacar agar pindah agama dari Kristen ke Islam.

Akan tetapi, justru malah Alya yang murtad atau bergabung menjadi umat Kristiani. Alya merasa yakin dan damai dengan pilihannya saat ini.

"Alya menceritakan sudah 18 tahun menjadi seorang Kristiani, 'Saya lahir dari keluarga campuran. Bapak Betawi bernama Syarifudin, ibu saya Dede Rosidah alias Mamah Dedeh orang Sunda'," jelas narasi yang diungkap oleh narator video tersebut.

"Saya coba pengaruhi pacar agar masuk agama yang saya anut, namun saat berusaha mempengaruhinya, justru saya yang terbawa arus," tambahnya.

Tidak direstui oleh keluarga, Alya dan kekasih menikah secara diam-diam. Keduanya melakukan pemberkatan di gereja. Satu bulan setelah pernikahan, Alya mengaku hubungannya dengan keluarga memburuk, apalagi ia sudah pindah agama.

Anak Mamah Dedeh (Foto: Instagram/@viral62com)

"Suami yang baru sebulan menikah tidak boleh ikut (saat Alya dibawa pulang paksa). Ibu saya sifatnya keras. Waktu mengetahui saya menjadi Kristen, orang tua saya dulunya marah. Saya dipanggil murtadin karena murtad," paparnya.

Alya mengatakan dirinya mendapatkan perilaku kurang baik dari Mamah Dedeh. Ia mengaku ditendang, dipukuli, hingga dilontarkan kata-kata pedas.

"Sayangnya, Alya mendapat perlakuan kurang mengenakkan dari sang Ibu ketika pulang ke rumah. 'Saya diseret lagi. Kamar saya ditendang lagi, diludahi, 'Lu tuh kerasukan iblis! Yesus tuh Iblis, bukan jalan kebeneran'. Saya dipukuli," ungkapnya.

Alya mengaku sempat dipaksa oleh Mamah Dedeh agar kembali menjadi seorang Muslim. Usai 13 tahun mengarungi rumah tangga, Alya mengaku pulang menemui orang tuanya. Akan tetapi, ia malah diusir karena keluarga belum bisa menerima keputusannya untuk murtad.

"Saya datang ke rumah di hari Lebaran, tapi saya diusir," katanya.

Unggahan itu mendapatkan beragam respon netizen. Sebagian netizen ada yang setuju dengan tindakan yang diambil Mamah Dedeh. Sementara, sebagian netizen lainnya malah memberikan dukungan untuk Alya.

"Saya dukung mamah Dedeh. Dia orang tua yang sejak dalam perut beliau urus, beliau sholawatin, diajak salat, ngaji, susah payah mengurus, sudah besar dengan gampangnya ngelupain perjuangan orang tua sampai pindah agama demi orang yang baru dikenal, Naudzubillah," komentar akun @azkyanaomifit*****.

"Naudzubillahmindzaliq si ibu bukan karena mendapat hidayah dari Tuhan barunya, tapi lebih ke ngikutin hawa nafsu aja supaya tetap bisa menikah dengan pacar (yang sekarang jadi suaminya). Aku sangat mendukung sikap Mamah Dedeh, kehilangan anak murtad jauh lebih baik daripada harus kehilangan kasih sayang dari Allah SWT," tulis akun @irly_yun****.

"Keren banget mba Alya orang kristen tidak pernah sia-sia hidupnya. Ikut Yesus adalah 'Jalan dan Kebenaran. Tidak ada seorangpun datang kepadaNya kalau tidak melalui aku'. Tetap sabar dan rendah hati," kata akun @if***__.

"Puji Tuhan, bersyukurlah kamu sudah diselamatkan," lanjut akun @lista_ek****.

Namun, belum diketahui pasti apakah benar Alya anak kandung Mamah Dedeh atau bukan. Sampai sekarang ini, pihak Mamah Dedeh belum memberikan klarifikasi terkait beredarnya pengakuan Alya yang mengaku anak Mamah Dedeh yang rela murtad demi pacar.