Mengenal Jenis Essential Oil yang Cocok Jadi Skincare untuk Merawat Kulit

ERA.id - Kesadaran masyarakat terhadap pentingnya penggunaan skincare semakin meningkat. Ragam produk skincare bermunculan, termasuk penggunaan essential oil.

Dalam peluncuran rangkaian Beautify The Skin oleh Young Living Indonesia, ahli dermatologi, dr. Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV, mengatakan bahwa essential oil memang memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Essentian oil bisa menjadi solusi bagi para pengguna yang ingin perawatan dengan produk alami.

"Produk banyak pilihan ya, salah satunya treatment natural, essential oil. Essential oil bukan hal baru sebagai skincare, manfaatnya banyak," ujar Dokter Dian di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu (5/4/2023).

Beberapa essentian oil yang cocok dijadikan skincare adalah helichrysum, frankincense, dan lavender, seperti yang ada dalam rangkaian Beautify The Skin. Black seed oil atau habbtaussauda juga berguna untuk kulit dan antioksidan.

"Beautify The Skin hadir dengan tiga pahlawan essential oil untuk kecantikan kulit, berikut dengan BLOOM Collagen yang bermanfaat untuk menutrisi kulit dari dalam, sekaligus Black Seed Oil – carrier oil dengan manfaat habbatussauda sebagai antioksidan," kata  Dian Ika Wijayanti, Product & Brand Communication Specialist Young Living Indonesia.

Tiga essential oil helichrysum, frankincense, dan lavender memiliki ragam manfaat baik bagi kulit. Seperti membantu kulit lebih cerah, rahasia tampilan kulit lebih mudah, hingga menyamankan dan menenangkan kulit.

"Lavender itu bisa menjadi penyembuhan luka, karena pemakaiannya terjadi produksi kolagen. Pemberian lavender bisa merangsang kolagen di kulit. Frankincense bisa digunakan untuk anti aging, helychrysum bisa menjaga kolagen dalam kulit sehingga kulit lebih kenyal," jelas dokter Dian.