Minta Maaf Pakai Surat Bermaterai, Jefri Nichol Temui Korban Doxing: Saya Belajar Tanggung Jawab

ERA.id - Jefri Nichol menjadi sorotan usai sengaja menyebarkan data pribadi seorang pengguna Twitter tanpa izin atau doxing. Aksinya pun tuai sorotan hingga berujung pada permohonan maaf dari Jefri Nichol dengan surat bermaterai.

Pemeran Nathan dalam film Dear Nathan mengaku sudah menemui korban doxing. Bahkan, ia sudah membuat surat permohonan maaf bermaterai. Melalui surat permintaan maaf bermaterai itu, pria berusia 24 tahun ini mengakui kesalahannya kepada Salma Eka Fitri terkait penyebaran data pribadi korban.

Tak hanya itu, Jefri Nichol juga langsung menghapus cuitan Twitter-nya dan segera melakukan permohonan maaf. Bahkan, ia mengaku sudah menemui Salma untuk minta maaf secara langsung.

"Saya melakukan kesalahan. Sekarang saya belajar bertanggung jawab atas itu, juga belajar untuk berendahan hati karena saya sudah bertemu dan dimaafkan. Terima kasih, Salma," tulis Jefri Nichol, dikutip dari akun Twitter @jefrinichol pada Senin (10/4).

Dalam cuitannya, Jefri Nichol menyertakan surat sudah bermaterai dan dibubuhi tanda tangannya dengan judul 'Surat Permintaan Maaf'. Ia meminta maaf karena telah menyebarkan data pribadi seseorang yang tidak dikenalnya ke media sosial.

"Menyatakan permohonan maaf atas tindak kesalahan yang telah saya lakukan terhadap saudari Salma dengan menyebarkan data pribadi yang bersangkutan di sosial media," bunyi tulisan dalam surat bermaterai", dikutip dari akun Twitter @jefrinichol. 

"Saya mengakui bahwa tindakan ceroboh tersebut telah merugikan saudari Salma. Pada hari Minggu tanggal 9 April 2023 Saya dan saudari Salma saya bertemu dan sepakat untuk menyelesaikan masalah ini dengan bertanggung jawab atas ketidaknyamanan yang telah terjadi," lanjutnya. 

Dengan kejadian ini, Jefri Nichol mengaku belajar untuk lebih bijak ketika bermain media sosial dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

"Demikian surat permohonan maaf ini saya buat sebagai bentuk penyesalan saya terhadap kesalahan yang telah saya lakukan. Atas perhatian dan kelapangan saya ucapkan, terima kasih," katanya.

Sebelumnya, netizen bernama Salma mengirim cuitan dan menganggap Jefri Nichol sudah menyebar luaskan nama serta alamatnya tanpa izin.

"Halo, selamat malam. Perkenalkan saya Salma Eka Fitri. 3 hari lalu, akun Twitter dengan username  @jefrinichol sudah menyebarluaskan data pribadi saya tanpa izin," tulis akun Twitter @najaemcookie.

Akun itu meminta agar Jefri Nichol menghapus postingan tersebut dan meminta maaf. Ia pun tidak segan melaporkan sang aktor jika tidak ada respons.

"Sebelum saya bertindak lebih jauh, tolong itikad baiknya kepada  @jefrinichol (chulo papi) untuk menghapus postingan tersebut dan meminta maaf karena hal tersebut sangat merugikan saya. Kalau tidak ada respon akan saya lanjutkan kepihak yang berwajib karena tindakan tersebut sudah melanggar aturan hukum yang berlaku," ungkapnya.

Hingga akhirnya, Jefri Nichol langsung merespon cuitan tersebut. Ia meminta maaf kepada Salma atas kekeliruannya.

"Halo eka, saya mau minta maaf udah salah kira kamu sama orang yang ngehate saya dan udah nyebarin data pribadi kamu (doxing) dan saya mau bilang juga data yang saya post itu ga lengkap dan itu tadinya buat nakutin hater yang saya kira itu kamu. sekali lagi saya minta maaf eka," tulis Jefri Nichol.