Blusukan ke Pasar Legi Solo, Jokowi Ditemani Jan Ethes dan Ganjar

ERA.id - Presiden Joko Widodo meninjau Pasar Legi, Solo pada Senin (10/4/2023) sore. Kedatangan Jokowi ini ditemani oleh cucunya Jan Ethes Sri Narendra dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar mendampingi Jokowi seharian, mulai dari kunjungan di Pasar Selo dan Pasar Cepogo Boyolali pada pukul 08.30 WIB, kemudian dilanjutkan kunjungan ke Kompleks Pergudangan Perum Bulog Kantor Cabang Solo di Ngabean, Sukoharjo dan terakhir kunjungan di Pasar Legi, Solo sore harinya.

Jokowi tiba di Pasar Legi Solo sekitar pukul 16.05 WIB. Ia turun dari mobil dan menggandeng cucunya, Jan Ethes Sri Narendra.

Di belakangnya, Ganjar mendampingi. Mereka mengenakan baju puih yang  merupakan baju kerja Jokowi.  Diketahui, Ganjar sejak Jumat pekan lalu tak pernah absen mendampingi Jokowi dalam kunjungan resminya. Kebersamaan mereka terlihat sejak salat Jumat di Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo.

Jokowi kemudian membagikan amplop berisi uang pada para pedagang oprokan di Lantai 3 Pasar Legi, Solo. Warga yang berkerumun di Pasar Legi, Solo berebut untuk mendekat dan bertemu Jokowi. Mereka antusias untuk berinteraksi dengan mantan Wali Kota Solo ini.

Usai membagikan uang pada para pedagang, Jokowi mengatakan bahwa secara umum harga bahan makanan pokok sudah turun. ”Saya lihat harga-harga sudah turun. Telur sudah RP 25 ribu, sebelumnya Rp 30 ribu. Bawang merah juga sama, turun. Ada yang Rp 26 ribu, ada yang Rp 25 ribu. Bawang putih juga sama, turun,” katanya.

Saat ditanya mengenai antisipasi cuaca buruk, menurutnya semua tergantung pada pasokan. Sebab jika harga turun, dipastikan pasokannya banyak. ”Ini teori ekonomi. Silahkan ditanyakan langsung ke pedagang,” katanya.

Menurutnya, panen saat ini sudah banyak. Sehingga dengan panen raya ini diharapkan harga bisa menjadi semakin turun. ”Sehingga inflasi terkendali,” katanya.

Salah seorang pedagang yang mendapat bantuan yakni Ari Setyaning (34) mengatakan bahwa kondisi harga selama bulan puasa terkendali dan stabil. Bahkan ada beberapa komoditas barang yang harganya turun, seperti telur ayam yang harganya Rp35 ribu sebelum bulan puasa, saat ini menjadi Rp30 ribu.

”Mayoritas semua stabil. Tapi memang sekarang itu yang beli berkurang jauh. Jumlah pembeli yang turun sekitar 30 persen bulan puasa biasanya,” ucapnya.