Tol Tangerang-Merak Dipasang 130 CCTV dan 1.600 PJU Hadapi Arus Mudik 2023

ERA.id - PT Astra tol selaku pengelola Tol Tangerang-Merak menyiapkan sebanyak 130 CCTV dan 1.600 PJU yang sudah dilakukan perbaikan secara berkala, di sepanjang jalur tol tersebut. Hal tersebut bertujuan untuk menghadapi arus mudik Lebaran atau IdulFitri 2023.

"Iya ada 130 CCTV sudah disiapkan, termasuk nanti petugas-petugas yang melakukan pemeliharaan sarana prasarana di H-7 itu harus sudah selesai semua," ucap Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas PT Astra Tol Tangerang-Merak, Uswatun Hasanah, Kamis (13/4/2023).

Uswatun mengatakan, pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan saat arus mudik Lebaran 2023. Terdapat empat hal yang dipersiapkan, mulai dari pemeliharaan insfratruktur, penambahan fasilitas, penambahan petugas, dan penambahan layanan transaksi. 

"Jadi memang mulai dari pemeliharaan insfratruktur atau prasarana hingga peningkatan fasilitas dan layanan transaksi sudah dipersiapakan," katanya.

Uswatun menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan pihaknya akan menambah gardu transaksi di Tol Tangerang-Merak. Penambahan itu akan dilakukan di titik-titik kemacetan sepert di gerbang Tol Cikupa dan Merak.

"Di jalur pintu Tol Merak itu kita akan menambah dua gardu tandem, untuk menampung kapasitas kendaraan yang mengantre menyeberang ke pulau Sumatera. Untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas di Tol Tangerang-Merak, Astra Tol juga akan menambah jumlah petugas di gerbang tol," imbuhnya.

Uswatun menambahkan, pihaknya juga menyediakan kendaraan siaga seperti mobil ambulance, mobil patroli rescue truk, hingga mobil derek akan disiagakan selama 24 jam. "Termasuk petugas patroli baik dari kami maupun dari kepolisian (PJR) akan terus disiagakan," jelasnya.