Anies Baswedan Tirakatan Keliling Daerah, untuk Apa?

ERA.id - Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan tengah menjalani tirakat dengan berkeliling ke berbagai daerah. Tirakatan ini dilakukan sepanjang bulan Ramadan.

Anggota tim delapan Koalisi Perubahan Sudirman Said mengatakan, Anies melakukan tirakatan untuk mendengar aspirasi dari masyarakat.

"Niat Pak Anies melakukan perjalanan tirakat, antara lain ingin mendengar langsung dari rakyat. Semoga interaksi ini memberi energi penguat perjuangan beliau," kata Sudirman kepada wartawan, Selasa (18/4/2023).

Nantinya, hasil tirakatan yang dilakukan Anies akan dilaporkan kepada tim delapan atau tim kecil Koalisi Perubahan. Tim ini ditunjuk untuk membantu mantan gubernur DKI Jakarta itu mengambil keputusan terkait langkah politik jelang Pilpres 2024.

"Kami, tim delapan, pasti ingin mendengar apa masukan dan pelajaran apa yang diperoleh selama bertemu, mendengar suara rakyat," kata Sudirman.

Meski begitu, hal tersebut tidak akan disampaikan dalam waktu dekat, mengingat sebenar lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023.

Sudirman mengatakan, momen Lebaran akan digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Sehingga segala hal yang berkaitan dengan politk akan dijeda sejenak.

"Lebaran biar jadi hari keluarga. Kegiatan politik kita jeda sejenak," pungkasnya.