Megawati Umumkan Capres dari PDIP Siang Ini, Nama Ganjar Menguat

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan calon presiden (capres) yang akan diusung partainya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui undangan kepada media.

"Jumat, 21 April 2023 pada jam 13:30-15:30, Ketua Umum PDI Perjuangan, Prof DR (H.C.) Megawati Soekarnoputri, akan mengumumkan calon presiden dari PDI Perjuangan," dikutip dari undangan yang beredar, Jumat (21/4/2023).

Pengumuman, kata Hasto akan disampaikan bersamaan dengan rapat DPP PDIP ke 140 yang disiarkan secara daring.

"Akan disampaikan secara daring."

Diketahui, pada Jumat siang beredar kabar, Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan Ganjar sebagai Calon Presiden 2024. Bahkan, beberapa pemberitaan telah memastikan jika Ganjar yang akan diusung oleh PDIP berdasarkan sumber internal.

Presiden Jokowi kini telah menuju Bogor dari Solo menjelang pengumuman tersebut.

Sebelumnya, PDIP memastikan akan mengusung kader partainya di Pilpres 2024. Sejumlah nama potensial yang digadang mendapat tiket capres antara lain Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sebelumnya, Hasto pernah mengatakan bahwa peta politik akan berubah setelah partainya mengumumkan calon presiden untuk diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Pergerakan partainya diyakini akan mengubah koalisi yang ada.

"Kalau kita lihat secara empiris, semua bandul politik itu akan bergerak setelah nanti ditetapkan capres dari PDI Perjuangan," kata Hasto di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Selasa (18/4).

Menurutnya, hal itu pernah terjadi saat Pilpres 2014 dan 2019. Dia bilang, ketika PDIP mengumumkan akan mengusung Joko Widodo sebagai presiden, maka konsolidasi politik langsung terjadi.

Dia meyakini, fenomena itu akan kembali terulang di Pilpres 2024. Namun, terkait pengumuman capres akan disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada waktu yang tepat.

"Dulu ketika bu Mega menetapkan Pak Jokowi (sebagai calon presiden), langsung terjadi konsolidasi partai-partai. Maka itu pun kami yakini juga akan terjadi. Hanya kapan dan siapa yang akan diumumkan oleh Bu Megawati, mohon bersabar," kata Hasto.