Masuk Daftar Cawapres Ganjar Pranowo Versi Jokowi, Ini Respon Ridwan Kamil

ERA.id - Ridwan Kamil menjadi salah satu nama yang disebutkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menjadi Cawapres dari Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 nanti. Ganjar Pranowo sendiri sudah ditetapkan sebagai Capres dari PDIP belum lama ini.

Merespons hal itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil tidak ingin memberikan komentar terlalu jauh terkait kabarnya dirinya masuk radar Cawapres untuk Ganjar Pranowo versi Presiden Joko Widodo.

Ia menyerahkan urusan politik di level nasional kepada Partai Golkar. Mengingat, saat ini Ridwan Kamil merupakan kader partai berlambang pohon beringin dan Capres dari Partai Golkar yakni Airlangga Hartarto.

"Saya sudah sampaikan kalau urusan nasional saya sudah jadi anggota parpol Golkar. Saya menghormati, sudah diputuskan Partai Golkar yaitu Pak Airlangga (Capres)," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (26/4/2023). 

Ridwan Kamil mengaku tidak mempersoalkan apabila namanya kerap dikaitkan dengan Pilpres termasuk sering masuk dalam survei nasional. Namun, Ridwan Kamil menegaskan dirinya akan mengikuti keputusan dari Partai Golkar soal nasib dirinya nanti.

"Bahwa sering masuk ke survei saya tidak bisa menghindari ya, itu mah sudah siapapun boleh yang penting yang terbaik, saya ikuti keputusan partai saya," tuturnya.

Untuk diketahui, beberapa tokoh diungkapkan Presiden Jokowi ketika disinggung mengenai sosok Cawapres yang akan mendampingi Ganjar Pranowo.

Beberapa di antaranya yakni Erick Thohir, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar, dan Airlangga Hartarto.

"Kok tanya saya. Yang cocok, banyak, banyak, banyak. Ada Pak Erick, ada Pak Sandiaga Uno, banyak kan. Ada Pak Mahfud, Pak Ridwan Kamil, banyak. Siapa lagi, ada Cak Imin, Pak Airlangga, banyak," kata Jokowi usai salat Id di Masjid Sheikh Zayed, Solo, Sabtu (22/4/2023).