Viral! Kakek Peternak Bebek di Banten Bongkar Tabungan Dalam Karung, Isinya Rp800 Juta

ERA.id - Video yang memperlihatkan seorang warga asal Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten sedang menghitung uang kertas dalam ratusan ikatan viral di media sosial. Uang yang sedang dihitung itu dikabarkan milik seorang kakek yang berprofesi sebagai penjaga ternak bebek bernama Neli.

Dalam video berdurasi 31 detik baru-baru ini, sang kakek meminta tolong ke tetangganya atau warga setempat membantu menghitung uang yang dikumpulkannya selama 40 tahun. Sebab uang diikat dalam ratusan ikatan dan berada dalam puluhan kantong dan karung.

Wakeh picise gancang diberesi. Sing bengi ora kelar-kelar, uwis kien mah lembur iki mah ngitung picis (Banyak banget uangnya. Cepet hitungnya, dari semalam ngitung nggak selesai-selesai),” ujar warga dalam video yang diunggah Instagram @terang_media, Kamis (27/4/2023).

"Lembur ini lembur," kata warga lainnya.

Warga sekitar bahkan mengaku kaget saat Mang Neli, panggilan akrabnya, memanggil para tetangganya untuk menghitung uang yang telah dikumpulkannya itu.

Mulanya warga mengira Mang Neli sedang sakit dan ingin meminta tolong untuk diantarkan ke rumah sakit. Namun, rupanya malah meminta bantuan tetangganya menghitung uang yang telah dikumpulkannya sebagai tabungan di rumah dalam berikat-ikat karung.

Dalam video, uang-uang yang telah dikumpulkan oleh Mang Neli terlihat mulai dari pecahan Rp1 ribu hingga Rp100 ribu. Bahkan ada pecahan uang jadul tahun 1990-an tersebut dan uang pecahan awal tahun 2000-an.

Kabarnya, para tetangga berhari-hari menghitung uang tabungan Mang Neli yang diduga telah dikumpulkannya selama bertahun-tahun.

Dari informasi netizen yang mengaku warga sekitar uang milik sang kakek Neli totalnya sekitar Rp800 Juta.

"Total hampir 800jt an dkumpul dari thn 80an," ujar akun @galih_rakasaja.

Video tersebut mengundang komentar sejumlah netizen.

Luarbiasa ilmu menabung orang2 jadul… Bahkan terbantai inflasi pun masih tetep banyak itu nilainya. Semoga pihak keluarganya cukup sabar nukerin sedikit-sedikit dengan nilai uang koleksi, dan sebagian besar nilainya bisa tetap tertabung setelah sisa dari kebutuhan berobat si kakek… Salut,” komentar netizen.

Kakek bukan sembarang kakek…,” kata netizen lainnya.

 “Josss, nyimpan nya lebih aman drpd dibank???? nggak dimakan rayap, nggak dimakan administrasi bulanan lagi.....???? Caranya gimana tuh…,” kata netizen lain yang kagum.