Efek Anies Baswedan, 10 Kader Partai Lain Nyaleg Lewat Partai NasDem

ERA.id - Partai NasDem resmi mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, sejumlah kader partai lain kini tercatat berpindah ke partainya untuk didaftarkan sebagai bacaleg 2024. Hal ini diklaim efek dari pencalonan Anies Baswedan sebagai presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Tidak lebih dari 10 orang yang pindah ke Partai NasDem. Tapi NasDem mendapatkan antusiame dari hasil pilkada sebelumnya dan efek Anies," kata Willy di Kantor Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023).

Keputusan politik Partai NasDem yang telah menetapkan calon presiden (capres) untuk diusung di Pilpres 2024, kata Willy menambah kepercayaan diri partainya untuk memenangkan pesta demokrasi mendatang.

"Keberadaan NasDem yang sudah punya capres sendiri ini, kemudian membuat kita lebih konfiden dan itu ada di semua level," katanya.

Lebih lanjut, komposisi bacaleg yang didaftarkan Partai NasDem ke KPU RI didominasi dari kalangan politisi, kemudian disusul birokrat, dan akademisi.

"Orang-orang ini yang kemudian NasDem bersiap untuk pematangan proses legislasi dan perwakilan di DPR benar-benar menjadikan produk-produk legislasi yang berkualitas," katanya.

Sementara Sekretaris Fraksi NasDem DPR RI Saan Mustopa menambahkan, nama-nama bacaleg partainya yang pindahan dari partai lain akan diumumkan setelah proses verifikasi di KPU selesai.

"Partai NasDem calegnya yang kami daftarkan tentu ada politisi murni baik dari internal Partai NasDem yang petahana maupun juga kader-kader NasDem. Tapi juga ada beberapa yang memang dari partai lain," ucapnya.

"Nanti secara detail akan kami jelaskan setelah KPU memverifikasi secara teknis kelengkapan dan syarat-syarat dari pencalonan," pungkas Saan.