9 Pesawat Wide Body Garuda Indonesia Akan Berangkatkan 104 Ribu Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

ERA.id - Garuda Indonesia menyiapkan sebanyak 14 pesawat tipe Boeing 777 dan Airbus 330 dikerahkan untuk membawa jemaah calon haji menuju Tanah Suci. Perusahaan plat merah itu pun bakal memberangkatkan 104 ribu jemaah haji dari sembilan embarkasi yang ada di Indonesia.

"Pesawat berkapasitas besar semua. Diterbangkan dari beberapa embarkasi langsung menuju ke Madinah/Jeddah tergantung dari jadwal. Ada 104 ribuan dan kemarin ada informasi tambahan kloter dan kita akan layani dari sembilan embarkasi," ujar Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, Jum'at (19/5/2023).

Irfan mengatakan, keberangkatan pertama dimulai dari Jakarta di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten. Kemudian Bandara Adi Soemarmo, Solo pada Jumat (26/5/2023).

"Mulai Jumat minggu depan berangkatnya. Semua persiapan sedang kita finalkan untuk memastikan semuanya lancar dan para jemaah bisa ke Tanah Suci dengan selamat," katanya.

Irfan menuturkan, pihaknya menambah petugas dan kursi roda dalam pemberangkatan jemaah haji 2023, lantaran 30 persennya merupakan lanjut usia (lansia).

"Kita berikan kenyamanan buat mereka (lansia). Tapi saya tidak mengatakan bila mereka tidak lebih sehat ya. Tetapi memang ada perhatian khusus untuk tahun ini, karena jumlah jemaah yang lansia setelah tiga tahun tak bisa terbang dan akhirnya berangkat tahun ini," ungkapnya.

Petugas ditambahkan bila dibandingkan kondisi normal, maka dari itu nantinya penambahan personel akan dilengkapi dengan tambahan pelatihan dan penanganan khusus di dalam penerbangan. 

"Penambahan petugas itu nanti bertugas melayani jemaah bukan sambil beribadah. Tugas kita adalah memberangkatkan, jadi nanti ada proses estafet dengan Kementerian Agama. Kami akan siapkan khusus dari segi operasional, pesawat, dan awak kabin," jelasnya.