PAN Bakal Segera Umumkan Dukungan Capres, Nama Ganjar dan Prabowo Menguat

ERA.id - DPP Partai Amanat Nasional (PAN) akan segera mengumumkan siapa tokoh yang bakal didukung sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto mengatakan, partainya bakal membuat keputusan dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

"Saya kira mungkin dalam waktu tidak lebih dari satu bulan akan ada keputusan," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/5/2023).

Terkait nama-nama kandidat capres yang bakal didukung PAN, menurut Yandri, partainya tetap berpatokan pada hasil rapat kerja nasional (rakernas) PAN beberapa waktu lalu.

Adapun dalam rakernas tersebut terdapat sejumlah nama yang direkomendasikan para kader PAN untuk diusung sebagai capres di Pilpres 2024. Diantaranya yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga Menteri BUMN Erick Thohir.

"PAN tetap berpedoman ke hasil rakernas dulu," kata Yandri.

Menurutnya, dari nama-nama yang direkomendasikan, ada beberapa yang semakin menguat. Misalnya di internal PAN sendiri ada nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Menteri BUMN Erick Thohir yang didorong menjadi capres 2024.

Namun, menurut Yandri, sejauh ini sudah ada dua nama yang paling kuat mendapat dukungan dari kader PAN, yaitu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"(Nama) Pak Ganjar juga dalam rekomendasi. Denga Pak Prabowo juga bang Zul sangat intens sekarang. Artinya ya bisa jadi antara Pak Ganjar atau Pak Prabowo yang diputuskan nanti," ucapnya.

Keputusan terkait siapa tokoh yang bakal didukung PAN di Pilpres 2024, kata Yandri akan diputuskan oleh Ketum PAN Zulkifli Hasan.

Namun, dia meyakini yang berpeluang terpilih hanya Ganjar atau Prabowo saja.

"Saya belum tahu apa yag musti diputuskan Bang Zul. Tapi kemungkinan menguat antara ke Pak Ganjar dan Pak Prabowo, itu kemungkinan besar terjadi," kata Yandri.

Adapun DPP PAN bakal menggelar rapat untuk membahas berbagai macam isu terkini termasuk Pilpres 2024 pada Selasa (23/5) malam.

Yandri pun sedikit membocorkan bahwa PAN tengah mematangkan pilihannya di Pilpres 2024. Tak menutup kemungkinan partainya bakal langsung mengumumkan nama pasangan capres dan cawapres.

"Ya makanya sekarang sedang dimatangkan. Seharusnya ya sudah pasangan, karena perlu untuk menyampaikan kepada publik bahwa pasangan capres yang diusung oleh koalisi yang sudah pas itu bisa ditawarkan ke publik, dan bisa konsolidasi lebih awal," pungkasnya.