PDIP Gelar Rakernas Besok, Megawati hingga Jokowi Bakal Pidato

ERA.id - PDI Perjuangan bakal menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III pada 6-8 Juni 2023. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo akan pidato dan memberikan arahan kepada para kader partai berlambang kepala banteng.

Rakernas III PDIP rencananya digelar di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Pembukaan Rakernas akan dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi. Di dalam pidato politik, Ibu Megawati Soekarnoputri dan juga sambutan dan arahan dari Presiden Jokowi dengan mohon maaf nanti akan disampaikan secara tertutup," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (5/6/2023).

Hasto menyebut pidato Megawati dan arahan dari Presiden Jokowi bakal tertutup. Alasannya, ada bahasan soal strategi partai berlambang banteng itu untuk menghadapi Pemilu 2024.

Berikutnya, Rakernas ini juga akan berisi kegiatan untuk menyusun visi misi calon presiden Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

"Rakernas ini momentum yang sangat penting di dalam mempersiapkan seluruh strategi pemenangan Pemilu untuk 2024, berapa target yang realistis untuk menopang dari kepemimpinan nasional yang akan datang, dan kemudian juga bagaimana seluruh tahapan-tahapan Pemilu dapat bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya termasuk visi misi capres yang dipersiapkan oleh partai yang akan berlangsung lebih dari delapan bulan ke depan," jelas Hasto.

"Dengan demikian dalam Rakernas ini, aspek-aspek pemerintahan ke depan, visi misinya, aspek pemenangan Pemilu, dan kemudian ideologi keberpihakan terhadap wong cilik itu akan dibahas secara khusus," sambungnya.

Adapun kegiatan Rakernas III tersebut akan bertema 'Fakir Miskin dan Anak Terlantar dipelihara oleh Negara'. Tema ini sesuai dengan amanat dari UUD Pasal 34 ayat 1.

"Semua akan mendorong apa yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi di dalam mengatasi kemiskinan ekstrem 0 persen pada 2024 itu dapat betul-betul berpadu. Bapak Presiden Jokowi berasal dari PDIP sehingga platform keberpihakan Wong Cilik juga akan dijalankan nantinya, di dalam perintah harian Ibu Ketum Megawati terkait dengan hal tersebut," ujar Hasto.

Nantinya, akan hadir kepala daerah dari PDIP untuk memberikan masukan serta strategi dalam memerangi kemiskinan di Indonesia. Mereka adalah Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu , Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim.

Hasto bilang para kepala daerah itu akan menyampaikan kebijakan dan upaya mereka menekan angka kemiskinan. "Dan Rakernas akan ditutup pada tanggal 8 Juni sore hari dan disitu rekomendasi-rekomendasi Rakernas akan disampaikan," tutup Hasto.