Soal Pengumuman Cawapres, PDIP: Agustus Bulan Keramat, September Bulan Penting

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memastikan, partainya belum akan mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di sela-sela agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III. Sebab, masih ada waktu untuk memilih sosok terbaik.

"Tidak akan diumumkan di Rakernas ini," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (7/6/2023).

Menurutnya, saat ini partainya masih menggodok nama-nama kandidat cawapres untuk Ganjar. Setelah itu, barulah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan mengumumkan.

Pengumuman nama cawapres, kata Hasto, akan dilakukan di saat yang teppat. Dia memberi sinyal pengumuman dilakukan di bulan Agustus atau September.

"Masih ada waktu. Bulan Agustus itu bulan keramar, bulan September itu juga bulan yang sangat penting. Yang jelas, begitu sesuatunya sudah siap, Ibu Mega akan mengumumkan," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani membeberkan 10 kandidat calon wakil presiden (cawapres) untuk menjadi pendamping Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Pencawapresan, nama kan banyak, ada 10," kata Puan di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selaran, Selasa (6/6).

Sejumlah nama yang masuk dalam radar cawapres unuk Ganjar antara lain Menko Polhukam Mahfud M, Menko Perejonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohirmh, Meenparekraf Sandiaga Uno, hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurtiyudhyono (AHY).

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, ada Pak Mahfud sudah masu namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY sudah masuk kan?Pak Airlangga juga," paparnya.