Survei Indikator: Citra Positif Jokowi 5, Prabowo 1

Jakarta, era.id - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait elektabilitas pasangan calon capres dan cawapres peserta Pemilu Presiden 2019. Pada pilpres ini, pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin berhadapan dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pada hasil survei, citra positif yang terbagi ke dalam enam katagori menunjukkan bahwa Jokowi mendapat citra positif lebih banyak daripada Prabowo.

"Pada kategori sosok perhatian pada rakyat, 85 persen responden memilih Jokowi dan 55 persen kepada prabowo. Kategori sosok yang jujur dan bersih dari korupsi, 79 persen memilih Jokowi dan 54 memilih Prabowo," ujar Direktur Eksekutif indikator Burhanuddin Muhtadi di Kantornya, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

Sedangkan pada kategori mampu mengatasi permasalah bangsa, Jokowi unggul dengan 75 persen dari Prabowo yang mendapat 58 persen. 

 

Pada kategori mampu memimpin Indonesia, Jokowi memperoleh 81 persen dan Prabowo 63 persen. Kemudian, kategori relijius pun juga diungguli Jokowi dengan poin 76 persen dan Prabowo 58 persen.

Meski demikian ada satu kategori yang ternyata lebih diungguli oleh Prabowo dibanding Jokowi.

"Pada kategori tegas dan berwibawa, Prabowo lebih unggul yaitu sebesar 81 persen pemilih, sementara Jokowi mendapat 76 persen," kata dia.

 

Perbandingan 5 versus 1 citra personal positif antar tokoh tersebut, diartikan Burhanuddin sebagai dampak Jokowi sebagai capres petahana yang telah terlihat kinerjanya ketimbang Prabowo yang belum pernah menjabat.

Biar kamu tahu, survei ini dilakukan mengunakan teknik random sampling, dengan metode wawancara tatap muka sebanyak 1220 responden, serta margin of error sebanyak 3 persen. Survei dilakukan pada tanggal 1-6 September 2018.

Tag: prabowo subianto prabowo-sandiaga jokowi jokowi-maruf amin pemilu 2019 pilpres 2019