Penuhi Kuota, Arab Saudi Tutup Layanan Makkah Route di Bandara Soetta

ERA.id - Pemerintah Arab Saudi menutup layanan jalur Makkah Route penerbangan terakhir bagi calon jemaah haji di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten, lantaran telah memenuhi kuota sebanyak 50 ribu jemaah yang masuk ke Arab Saudi melalui bandara itu.

"Jalur Makkah Route hari ini adalah penerbangan terakhir untuk jemaah calon haji dari Indonesia. Hari ini ditutup karena telah menyelesaikan prosedur sebanyak 50 ribu jiwa yang telah masuk ke Arab Saudi, dari pesawat langsung ke hotel," ujar Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah H Amodi, di Terminal 2 D Bandara Soetta, Jumat (23/6/2023).  

Faisal menjelaskan, jalur Makkah Route ini berhasil digelar di Indonesia dan pihaknya pun akan mencoba memperluasnya ke sejumlah bandara lain di Indonesia pada musim haji berikutnya.

"Bahkan saya menerima telepon dari pejabat di Indonesia. Mereka meminta kami bekerja sama dan memperluas layanan ini di tahun depan ke bandara lain, selain di Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Faisal mengatakan, skema Makkah Route ini tentunya ada evaluasi yang harus dibenahi, agar menciptakan kenyamanan bagi jemaah haji.

"Dalam teknisnya ini memudahkan untuk proses masuk ke Arab Saudi. Jemaah haji tidak perlu harus cek in lagi di Bandara Arab Saudi, mereka dari pesawat langsung ke dilayani menuju hotelnya," katanya.

Faisal berpesan pada calon jemaah haji untuk mematuhi dan mengikuti peraturan di Arab Saudi. Pasalnya, kata Faisal, saat musim haji terdapat sekitar 200 negara yang mengikutinya, dengan budaya, bahasa, dan latar belakang yang berbeda.  

"Dan dengan mematuhi dan mengikuti peraturan haji, proses ibadah mereka akan berjalan lancar. Dan saya doakan semoga semua jemaah calon haji Indonesia menjadi haji yang mabrur dan kembali ke Tanah Air dengan selamat," jelasnya.