Momen Megawati Ngobrol Seru Bareng Ketum Parpol Koalisi Pemerintah

ERA.id - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berbincang dengan ketua-ketua umum partai politik koalisi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Memen tersebut terekam sebelum acara perayaan Bulan Bung Karno (BKK) yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri didampingi Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Prananda Prabowo terlihat berbincang Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Parindo Hary Tanoesoedibjo.

Suasana terlihat akrab. Sesekali mereka juga terlihat tertawa bersama.

Megawati juga sempat berbincang dengan bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo bersama dengan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono dan Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya mengundang sejumlah tokoh dan partai politik. Khususnya yang ikut mendukung Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2023.

Dia mengatakan, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Maediono, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang dipastikan hadir.

"Tentu saja partai yang sudah mengusung pak Ganjar, ada dari Perindo Pak Hary Tanoe dan sebelumnya ada dari PPP Pak Mardiono, kemudian Hanura," kata Hasto di kawasan GBK, Jakarta, Sabtu (24/6).

Selain itu, PDIP juga mengundang partai-partai politik pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo seperti Golkar, PAN, dan PKB.

Namun, beberapa petinggi partai politik yang diundang berhalangan hadir karena sedang menjalankan ibadah haji.

"Beberapa perwakilan partai seperti Partai Golkar, kemudian ada dari PKB, ada dari PAN," kata Hasto.

"Nanti kita lihat beliau-beliau yang hadir dan ini menunjukkan bagaimana PDI Perjuangan itu mengedepankan semangat gotong royong," imbuhnya.

Sementara untuk Partai Demokrat, Hasto bilang dirinya sudah membicarakan acara puncak BBK dengan Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya. Keduanya memang intens untuk melakukan komunikasi.

Tapi, dia tak mengundang untuk menjaga etika politik. Penyebabnya partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono sudah menjalin kerja sama politik dengan NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Yang penting kita komunikasi secara intens dan setelah ini kita lanjutkan apa yang sudah dilakukan antara Mbak Puan Maharani dan Mas AHY," jelas Hasto.

Sebelumnya, PDIP akan menggelar konsolidasi akbar bertema 'Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya' pada Sabtu, 24 Juni mendatang. Ratusan ribu kader partai berlambang banteng itu diperkirakan akan memadati kawasan GBK.

"Jadi sangat luar biasa kegiatan ini akan dihadiri seluruh peserta dari seluruh Indonesia yang diasumsikan mencapai 100 ribu orang," kata Ketua Panitia Bulan Bung Karno, Rano Karno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/6).