Mardiono Akui Pergantian Wamenag Atas Permintaan PPP

ERA.id - Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhamad Mardiono tak menampik pergantian kursi wakil menteri agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi atas permintaan partainya. Alasannya untuk meningkatkan kerja kadernya di pemerintahan.

Diketahui, posisi jabatan Zainut Tauhid Sa'adi oleh Ketua DPW PPP DKI Jakarta Saiful Rahmat Dasuki. 

"Ya kalau atas permintaan partai, tentu itu karena atas dasar kebutuhan bagaimana untuk meningkatkan kinerja agar kader-kader partai yang ditempatkan untuk membantu presiden itu secara maksimal, bisa menyumbangkan karya agar sesuai kepentingan pada jabatan dan tugasnya," kata Mardiono di iNews Tower, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Namun dia membantah digantinya Zainut dari kursi Wamenag lantaran ada konflik internal. Melainkan hanya pergantian antar kader yang biasa dilakukan.

"Kalau pergantian itu saya pikir hal yang biasa. Saya juga pimpinan perusahaan, biasa kalau rolling atau pergantian dalam jabatan-jabatan itu sudah biasa," ucapnya.

Meski PPP mengajukan nama untuk mengganti Wanenag akan tetapi keputusan akhir tetap berada di tangan Presiden Jokowi.

PPP menyadari bahwa kepala negara memiliki hak prerogatif untuk menyusun menteri di kabinetnya.

"Kita menyiapkan bukan hanya satu atau dua kader, banyak kader. Dari banyak kader itu akan diseleksi oleh bapak Presiden yang nanti memenuhi kriteria kebutuhan dalam jabatan itu. Itu yang terjadi dalam pergantian," kata Mardiono.

"Jadi tidak hanya atas semata-mata yang diusulkan partai tapi itu hak prerogatif bapak presiden," imbuhnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo melantik Syaiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama (Wamenag) di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7) pagi.

Pelantikan Syaiful berdasarkan surat Keputusan Presiden RI Nomor 32 M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju.