Soal Jokowi Kemungkinan Bisa Ketemu Anies, Surya Paloh: Itu Bagus...

ERA.id - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mendukung peluang pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

Meski begitu, dia mengaku tak pernah secara langsung menawarkan membuka pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Anies.

"Saya enggak menawarkan, tapi probability itu bisa saja, dan itu bagus. Kemungkinan itu bisa saja, kemungkinan ke arah itu bisa saja," ucap Surya di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa (18/7/2023).

Menurutnya, ide pertemuan Presiden Jokowi dengan Anies Baswedan perlu didorong untuk menciptakan suasana yang aman jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

"Saya katakan dari awal tadi, kalau suasana itu dibawa dengan tidak tegang, tidak memposisikan ini lawan ini kawan, siapa yang mendapatkan manfaat? Ya bangsa ini, kita semuanya kita rindu pada pemikiran-pemikiran seperti itu," ucapnya.

Dia lantas menyinggung kembali isi pidatonya saat Apel Siaga Perubahan pada Minggu (16/7). Menurutnya, musuh bersama bangsa Indonesia bukan antaranak bangsa yang didasari perbedaan pilihan. Sebab perbedaan itu sebuah keniscahyaan.

Tetapi, musuh bersama itu adalah kebodohan dan kemunafikan. Menurutnya, hal itu butuh peran bersama dari semua pihak untuk memeranginya.

"Musuh kita bersama itu bukan di antara kita satu sama lain atas perbedaan pilihan, atas dasar-dasar perbedaan yang memang sudah kita miliki sebagai keniscayaan," kata Surya.

"Musuh kita itu kebodohan, kemiskinan, ketidakadilan. Terus terang saja, musuh kita kemunafikan itu. Kan ini yang mau kita capai ke depan," pungkasnya.