Megawati Jelaskan Ilmu "Kungfu Bu Mega": Saya Berpolitik 30 Tahun, Ngikut Presiden Pendiri Bangsa

ERA.id - Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof.Dr.(HC) Megawati Soekarnoputri mengatakan dirinya memiliki “ilmu kungfu Bu Mega”, sebagai bagian dari pengalaman berpolitik selama lebih dari 30 tahun.

Hal itu disampaikan Megawati dalam sambutannya ketika meresmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya, di kawasan Gunung Anyar, Jawa Timur, Rabu (26/7/2023).

Megawati awalnya banyak berbicara mengenai media massa yang kerap memelintir pernyataannya hingga produknya menjadi sumber bahan bully di media sosial. Ia pun menceritakan sejumlah pengalamannya yang berusaha “dipancing-pancing” oleh media massa maupun berbagai pihak.

“Jadi jangan deh, enggak usah main politik sama saya. Loh, saya ini berpolitik 30 tahun. Sudah gitu ngikut seorang Presiden pendiri bangsa ini (Bung Karno, red),” kata Megawati.

Ia mengatakan, oleh Bung Karno, Megawati diajari berpolitik sejak dirinya kecil.

“(Saya diajari) Kalau orang ngomong begini, kamu ngomong begitu. Kalau orang lainnya ngomong kamu gini, kamu loss,” kata Megawati lagi.

“Saya bilang saya punya ilmu, ini kungfu Ibu Mega, itu boleh ditulis. Kan sekarang (strateginya) itu, (satu) memukul, (kedua) ngerangkul. Nanti mau tahu, kalau (orang lain) memukul dulu, kalau tidak ada reaksi, cekek. Saya bilang, tulis, itu kungfu Ibu Mega,” kata Megawati sambil tertawa.