Viral, Santriwati di Magetan Berpose Tenteng Senjata Laras Panjang, Begini Penjelasan Ponpes

ERA.id - Sebuah pesantren di Magetan, Jawa Timur, dilaporkan seorang netizen ke Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Presiden Joko Widodo di Twitter gara-gara santri putrinya kedapatan berfoto mengenakan rompi dan membopong senapan replika. 

"Dibawah ini ada foto siswi smp sederajat atau pesantren di kota Magetan Baitul Qur'an ada siswi berpose dengan kelengkapan ala militer dengan rompi anti peluru dan senjata replika tentunya,namun tampilan ini tidak lazim dilakukan pelajar atau siswi seperti di dalam foto diatas," tulis akun Twitter @tengkorak_maut.

"Mohon sedikit percerahannya bapak²,ini motifasinya apa supaya rakyat tercerahkan," lanjutnya.

Berdasarkan penelusuran ERA melalui laman Facebook Pesantren Baitul Qur'an Magetan, rupanya para siswa sedang melakukan kegiatan Masa Orientasi Santri untuk program ekstrakulikuler airsoft gun.

Pesantren itu juga sudah memberikan klarifikasi dan permohonan maaf atas kesalahpahaman yang terjadi.

"Bahwasanya kegiatan tersebut merupakan simulasi kegiatan ekstrakurikuler yang rencana akan di laksanakan di Pondok Pesantren Baitul Qur'an Al Jahra Magetan," tulis keterangan dari pengurus pesantren, Minggu (30/7/2023).

"Karena melihat dinamika yang ada terkait dengan viral nya kegiatan tersebut, setelah kita kaji dan atas saran beberapa pihak kita tidak akan melanjutkan kegiatan tersebut menjadi bagian dari ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Baitul Qur'an Al Jahra Magetan," lanjutnya.

Sementara itu, banyak netizen lain yang membela pesantren itu dan menyalahkan akun yang menggoreng isu tersebut. Di antaranya komika Arie Keriting.

"Ini para pelajar lagi main Airsoft Gun, wajar sekali kalau mereka pakai rompi untuk keselamatan saat bermain," tulis Arie di Twitter-nya, Minggu.

"Kalo para pramuka itu ngga pake hijab juga reaksi lo ngga bakalan kyk orang kebakaran jembud. Yg jadi masalah itu bukan senjata yg mereka pegang, tapi hijab mereka..." lanjut akun @PerkasaHabsyah.

"Apa sih? Jelas jelas main air soft gun doang, asli saking gajelasnya ampe aku heran," tambah akun @TraceleesK.