Hottest Issue Malam, Kamis 4 Oktober 2018

Your browser doesn’t support HTML5 audio
Jakarta, era.id - Selamat malam, era.id telah merekap beberapa berita menarik yang mungkin kamu lewatkan sejak pagi tadi. Melalui format baru ini, kami akan menyuguhkan lima berita yang paling ramai dibicarakan sejak pagi tadi. 

1. Ada Kuburan Massal ISIS di Suriah

Sebuah kuburan massal ditemukan di bekas benteng pertahanan ISIS di Kota Raqqa, Suriah. Diyakini ada lebih dari 1.000 jenazah yang dikubur di tempat itu. 

Temuan kuburan massal itu diketahui oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) dalam penyisiran di kawasan Al-Panorama. Diduga kuburan massal itu berisi jenazah warga sipil dan tentara ISIS yang jadi korban dalam serangan udara yang dilancarkan Koalisi Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

2. Waspada Gunung Berapi

Sejumlah gunung berapi yang ada di Indonesia mulai bergejolak. Setelah Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, dan Gunung Soputan di Minahasa Tenggara kembali aktif kini Gunung Gamalama di Maluku mulai menunjukkan aktivitas vulkaniknya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan sejumlah gunung berapi itu tengah menunjukkan peningkatan aktivitas vulkaniknya. Erupsi minor disertai semburan abu vulkanik mengiringi peningkatan status waspada pada gunung tersebut.

3. Jaringan 5G Resmi Diaktifkan

Perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat (AS) Verizon resmi menggunakan jaringan 5G pertamanya di dunia. Baru empat kota besar di AS yang kebagian untuk mencicipi jaringan tersebut yakni Los Angeles, Sacramento, Houston dan Indianapolis.

Jaringan internet generasi kelima ini diklaim memiliki kecepatan jaringan mencapai 300 Mbps. Dengan kecepatan maksimal yang bisa digunakan sampai 1 Gbps. 

4. Pendaftaran Seleksi CPNS Diperpanjang 

Untuk kalian yang ingin ikut seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) via portal SSCN, tapi belum sempat mendaftar, jangan khawatir. Sebab Panitia Seleksi CPNS Nasional (Panselnas) memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran sampai dengan Senin (15/10), pukul 23.59 WIB.

Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan adanya bencana alam yang melanda beberapa daerah di Indonesia seperti bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), serta gempa dan tsunami di Palu-Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

5. Wali Kota Pasuruan Ditangkap KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT). Kali ini operasi senyap itu dilakukan di Pasuruan, Jawa Timur. Dari OTT tersebut KPK menangkap enam orang, termasuk seorang kepala daerah.

Dari hasil operasi senyap itu diduga telah terjadi transaksi pemberian pada penyelenggara negara di Pasuruan. Pemberian itu diduga berkaitan dengan proyek yang dianggarkan oleh Pemkot Pasuruan pada tahun 2018 ini

Tag: hottest issue