Heboh Finalis Miss Universe Indonesia 2023 Difoto Tanpa Busana, Rio Motret dan CEO Eldwen Wang Mundur

ERA.id - Fotografer ternama Indonesia, Rio Motret dan CEO Miss Universe Indonesia, Eldwen Wang mengumumkan mengundurkan diri dari jabatannya. Hal ini berimbas dari hebohnya finalis Miss Universe Indonesia 2023 difoto tanpa mengenakan busana saat body checking.

Rio Motret yang menjabat sebagai visual director Miss Universe Indonesia 2023 mengumumkan telah mengundurkan diri. Pengumuman ini disampaikan pasca polemik finalis Miss Universe 2023 difoto telanjang.

"Halo saya Rio Motret dan bersamaan dengan kesempatan ini, saya ingin memberitahukan bahwa perjanan saya bersama Miss Universe Indonesia sudah berakhir," tulis Rio Motret menggunakan bahasa Inggris, dikutip dari akun Instagram @lambe_turah.

Rio tak membahas polemik ini di media sosial. Hanya saja, ia ingin fokus dengan pekerjaan barunya dan memilih mengundurkan diri dari Miss Universe Indonesia 2023.

"Ini merupakan perjalanan yang indah namun menakjubkan. Penuh tantangan, kesenangan, dan pengalaman baru," katanya.

"Tapi saya harus mengucapkan selamat tinggal kepada Miss Universe Indonesia agar saya bisa lebih fokus pada proyek saya yang akan datang," lanjutnya.

Sama seperti Rio Motret, CEO Miss Universe Indonesia 2023, Eldwen Wang juga rela mundur dari jabatannya. Hal ini terungkap dari unggahan akun Instagram pribadinya.

"Terima kasih. Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjabat sebagai CEO Miss Universe Indonesia selama masa kontrak kerja saya," katanya menggunakan bahasa Inggris.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih terutama kepada Direktur Nasional kami, Ms. Poppy Capella yang telah mempercayakan saya dengan tugas dan misi besar ini untuk membawa kepercayaan diri yang indah, memberdayakan wanita, memimpin secara transformasional, kekuatan untuk nilai-nilai inti Indonesia yang baik, ke alam semesta," lanjutnya.

Eldwen Wang meminta maaf karena harus mundur dari jabatannya. Ia kini ingin fokus dengan karir dan pekerjaan di kota kelahirannya.

"Saya mohon maaf sepanjang jalan, saya harus membuat keputusan untuk fokus pada karir dan pekerjaan sebelumnya di kampung halaman saya. Segala informasi & tanggung jawab mengenai Miss Universe Indonesia, silakan menghubungi melalui PT. CSK," ungkapnya.

"Sekali lagi, terima kasih MUID, finalis, pendukung, dan pecinta kontes atas perjalanan luar biasa yang tak terlupakan seumur hidup ini. Sampai jumpa." lanjutnya.

Ajang kecantikan Miss Universe Indonesia (MUID) 2023 sukses digelar pada Kamis 3 Agustus 2023 di Beach City International Stadium (BCIS), Ancol. Fabienne Nicole Groeneveld berhasil keluar sebagai pemenang dan meraih mahkota sebagai Miss Universe Indonesia 2023 yang akan bersaing di kancah internasional.

Namun, National Director Miss Universe Bali, Sally Giovanny mengungkapkan pernyataan mengejutkan. Sally mengunggah berisi tangkapan layar percakapan WhatsApp antara dirinya dengan National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat Rizky Ananda Musa di Instagram stories.

Diperlihatkan isi chat Sally Giovanny dengan National Director Miss Universe Indonesia Jawa Barat, Rizky Ananda Musa terkait adanya kabar yang menyebutkan bahwa para finalis diminta untuk telanjang di hadapan para penilainya.

Para finalis yang tak mengenakan busana ini difoto. Namun, Rizky khawatir foto tersebut akan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab. Giovanny menunjukkan cara body checking yang benar, yaitu menggambar sketsa tubuh dan menuliskan detail yang didapatkan dari hasil pemeriksaan.Selain itu, Sally mengancam akan melaporkan peristiwa ini kepada pihak berwajib jika memang benar para finalis diminta telanjang dihadapan para penilai.