Hasto Klarifikasi Ucapan Megawati soal Bubarkan KPK

ERA.id - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan bawa ucapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang hendak membubarkan KPK adalah tidak tepat.

Hasto menjelaskan, ia mengonfirmasi langsung ucapan tersebut ke Megawati. Menurutnya, Presiden Kelima RI itulah yang mendirikan KPK sehingga tidak mungkin akan menghilangkan lembaga anti rasuah tersebut.

“Itu dipelintir. Beliau yang mendirikan KPK,” ujar dia dalam jumpa pers usai acara temu kebangsaan 'Merawat Keberagaman Indonesia; Membentuk Pemimpin Nasional yang Bernyali Tanpa Membenci', di Pendopo Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Selasa (22/8/2023) malam.

Ia menjelaskan keberatan Megawati adalah status KPK sebagai lembaga berbentuk komisi sehingga bersifat adhoc atau sementara.

“Kalau begitu jangan jadi komisi yang sifatnya bukan permanen. Harus ada upaya lebih sungguh-sungguh dalam pemberantasan korupsi,” tutur Hasto mengutip ucapan Megawati.

Dalam pidatonya di acara tersebut, Megawati juga menyinggung kembali soal itu. "KPK itu saya yang bikin, sifatnya sementara. Kalau adhoc bukannya bisa dibubarkan ya. Apa nggak ada (bentuk lembaga) yang lebih mantep?” katanya.

Megawati juga mengenang kembali keputusannya mendirikan KPK pada 2002. Menurut dia, ia harus menandatangani pendirian KPK agar menjadi contoh figur antikorupsi.

“Kalau enggak teken (kebijakan pembentukan KPK), nanti saya dibilang presiden tidak antikorupsi. Ya wis teken wae (ya sudah tanda tangan saja)," katanya.