Mendadak Religius, Kartika Putri Ceramahi Wanita yang Pakai Extension Bulu Mata hingga Cukur Alis: Nggak Sah Itu Wudhunya!

ERA.id - Kartika Putri kini mulai memberikan ceramah kepada para perempuan yang gemar memakai extension bulu mata, mengenakan kuteks hingga cukur alias. Menurutnya, hal ini membuat wudhu menjadi tidak sah ketika hendak melakukan salat.

Dalam ajaran Islam, istri Usman bin Yahya ini mengatakan memakai extension bulu mata tidak diperbolehkan. Sebab, adanya extension bulu mata dianggap menghalangi wudhu. Bisa dikatakan, salat perempuan tersebut menjadi tidak sah.

"Buat followers aku yang sedang belajar istiqomah, yang pingin ibadahnya diterima Allah SWT terutama agar salat lima waktunya sah, please jangan yang namanya extension bulu mata karena itu wudhunya saja nggak sah apalagi salatnya mau sah," ujar Kartika Putri, dikutip dari akun Instagram @lambe__danu.

Kartika Putri (Foto: Instagram/@lambe_danu)

Selain extension bulu mata, perempuan yang pernah berseteru dengan Richard Lee ini mengatakan menggunakan kutek halal tetap menghalangi air wudhu masuk ke dalam pori-pori kulit. Sehingga, wudhunya dikatakan tidak sah.

Kartika Putri menyarankan agar para perempuan mengenakan kuteks jika sedang menstruasi atau kuteks yang mudah dicopot.

"Yang kedua kuteks, sehalal apa kuteksnya. Itu tetap saja menghalangi wudhu masuk ke dalam pori-pori tubuh kita, sehingga wudhunya nggak sah," bebernya.

"Kuteks apapun itu, pakainya pas lagi mens, terus pakai yang gampak dikelopekin. Agak repot sih, tapi itu tadi surga itu emang nggak gampang. Tapi nggak digampangin juga," lanjutnya.

Selain itu, bintang film Mama Minta Pulsa ini mengatakan cukur alis tidak diperbolehkan. Menurutnya, haram bagi wanita muslimah menghilangkan seluruh atau sebagian alisnya dengan cara apapun, baik dengan mencukur habis, memendekkannya, atau menggunakan bahan kimia. 

"Cukur alis gitu ya, aku tuh rimba banget (alis) sih, keganggu banget. Tapi ya itu tadi, kan mau mencari ridha Allah. Ngapain sih kita cantik di mata orang lain, yang meninggal belum tentu doain kita, rugi banget nggak tuh," jelasnya.

Unggahan itu dibanjiri respon netizen. Mereka sependapat dengan pernyataan dari perempuan berusia 32 tahun ini. Apalagi, banyak wanita Muslimah mengenakan extension bulu mata, kuteks hingga cukur alis.

"Iya makanya suka aneh sama artis yang pada pake kutek gitu yang selalu bilang kutek halal, yang halal tuh komposisinya juga kalo di pake sholat ya nggak msuk kedalam kulit nggak sah sholatnya," komentar akun @bring*****.

"Bener bgt ni suka miris liat orang sd berhijab tapi masih nyambung bulmat apa nggak tau ya?tpi kdang kembali ke pilihan mereka masing-masing sih,"tulis akun @cyinti****.

"Kayanya banyak banget tuh yang sambung bulu mata, sulam alis, apalagi pakai kutek, kalau mereka tau nggak boleh tapi masih begitu, jangan-jangan nggak pernah sholat," kata akun @hiltam****.