Gejala Kanker Ginjal yang Dialami Vidi Aldiano, Simak Penyebabnya Juga

ERA.id - Baru-baru ini Vidi Aldiano menginformasikan kabar terbarunya yang sedang menjalani pengobatan kanker. Ia menyebutkan, kanker ginjal yang dideritanya sudah menyebar ke semua organ lain di dalam tubuhnya.

"Mungkin banyak yang belum tahu bahwa tahun lalu, titipan Tuhan berupa kanker ini sudah menyebar ke beberapa titik, sehingga mengharuskan gue akhirnya punya appointment spa day ini tiap 3 minggu," demikian caption Vidi Aldiano di akun Instagram pribadinya.

Sebelumnya, penyanyi populer ini sempat menerima perawatan dan operasi pengangkatan ginjal di Singapura pada bulan Desember 2019. Setelah menjalani operasi, ia juga masih rutin menjalani proses kemoterapi. Namun, kanker yang tersebut justru bermetastasis atau menyebar ke beberapa titik di seluruh tubuhnya.

Koordinator Bidang Ilmiah Ikatan Ahli Urologi Indonesia & Kepala Staf Medik Urologi RS Unair Surabaya, dr Lukman Hakim, SpU(K), MARS, PhD, mengungkapkan, kanker ginjal merupakan benjolan yang tidak normal dan tumbuh secara ganas pada organ ginjal.

Secara tingkatannya, kanker ginjal terdiri dari stadium 1, 2, 3, dan 4. Semakin tinggi stadiumnya, maka semakin cepat penyebaran sel kanker tersebut. Pada umumnya, pengobatan yang diberikan juga lebih khusus.

Ilustrasi ginjal (Unsplash) 

Mengenal kanker ginjal dan gejala yang dialami

Melansir American Cancer Society, kanker ginjal merupakan jenis tumor ganas yang tumbuh pada organ ginjal. Ginjal sendiri adalah salah satu organ penting yang bertugas  membuang kelebihan air, garam, serta produk limbah dari darah yang masuk dari arteri ginjal. Zat-zat ini selanjutnya dikeluarkan melalui urin atau air kencing.

Pada tahap awal, kanker ginjal biasanya tidak menimbulkan tanda atau gejala apa pun, akan tetapi, kanker ginjal yang lebih serius dapat menunjukkan gejala khusus. Beberapa kemungkinan tanda dan gejala kanker ginjal yaitu:

  • Kelelahan
  • Selera makan menghilang
  • Darah dalam urin (hematuria)
  • Punggung bawah terasa nyeri di satu sisi (bukan dikarenakan oleh cedera)
  • Massa (benjolan) di bagian samping atau punggung bawah
  • Penurunan berat badan yang bukan diakibatkan oleh diet
  • Demam yang tidak disebabkan oleh infeksi dan tidak kunjung sembuh
  • Anemia (jumlah sel darah merah rendah)

Apa Saja Penyebab Kanker Ginjal?

Hingga saat ini, penyebab dari kemunculan kanker ginjal masih belum diketahui secara pasti. Namun, sejumlah ahli memiliki pendapat bahwa kanker ginjal diakibatkan oleh adanya mutasi sel pada ginjal. Selain itu, ada beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya kanker ginjal, antara lain:

  • Memiliki riwayat keluarga kandung yang juga mengidap kanker ginjal.
  • Aktif sebagai perokok.
  • Usia yang terus bertambah juga dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker ginjal.
  • Anda mempunyai berat badan berlebih.
  • Dalam jangka waktu lama, Anda mempunyai perawatan hemodialisis. Hemodialisis sejatinya adalah tindakan medis untuk gagal ginjal.
  • Anda mempunyai penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Demikianlah penjelasan tentang gejala kanker ginjal yang dialami oleh penyanyi Vidi Aldiano. Setelah mengetahui penyebab serta gejala dari penyakit tersebut, tentunya Anda akan lebih waspada dengan cara menjaga pola hidup sehat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…