Tips Pilih Pelembab untuk Tipe Kulit Wajah Berminyak

ERA.id - Kulit wajah setiap orang memiliki tipe yang berbeda-beda. Ada yang kulit wajahnya normal, kering, hingga yang berminyak atau oily, yang semuanya membutuhkan jenis pelembab berbeda.

Dokter Estetika dan Kecantikan, dr. Abelina, MM, MARS. berbagi tentang tips untuk memilih pelembab wajah bagi yang memiliki tipe wajah berminyak. Ia mengatakan wajah berminyak lebih baik menggunakan pelembab yang bertekstur lotion atau gel.

"Pertama lihat di labelnya itu lotion atau gel. Lotion itu yang watery, yang gel itu yang bening dan gampang melting (meleleh) gitu," ungkap Dokter Abelina saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Bahan dari pelembab juga harus diperhatikan, mulai dari tidak menimbulkan komedo hingga hindari pelembab yang mengandung bahan yang menghasilkan minyak. Tak hanya itu, produk yang mengandung humectant atau variabel yang bisa mengikat minyak juga baik digunakan untuk kulit berminyak.

"Ingredientsnya dia yang non-comedogenic. Hindari yang mengandung banyak minyak ya, kayak coconut oil itu jangan," tuturnya.

"Kalau mau yang lebih advance lagi, kulit yang oily itu baca ingredientsnya pilih yang banyak humectant. Humectant seperti hyaluronic acid, glyserin, dan aloe vera," tambahnya.

Dokter Abelina mengingatkan bahwa orang berkulit wajah berminyak juga perlu untuk menggunakan pelembab. Ini lantaran tipe wajah tersebut hanya mengandung banyak minyak, bukan air, yang sebenarnya dibutuhkan wajah dengan menggunakan pelembab.

"Kulit oily kadang berpikir nggak butuh pelembab. Padahal kulit berminyak itu bukan dia kebanyakan air, tapi kebanyakan minyak dibanding kulit kering. Jadi tetap butuh moisturizer, karena moisturizer itu menghasilkan air," pungkas Dokter Abelina.