Mahfud Jadi Cawapres Ganjar, Gerindra Siap Bertarung Secara Fair di Pilpres 2024

ERA.id - Menkopolhukam Mahfud MD resmi menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Partai Gerindra menyebut Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) 2024 siap bertarung fair dengan Ganjar-Mahfud.

"Kami siap berkontestasi dengan Pak Ganjar dan Pak Mahfud secara fair dan selalu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan," kata Waketum Partai Gerindra Habiburokhman kepada wartawan, Rabu (18/10/2023).

Habiburokhman menambahkan Gerindra mengucapkan selamat atas terpilihnya Mahfud sebagai cawapres Ganjar. Menurutnya, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini adalah orang yang baik dan salah satu putra terbaik bangsa.

"Kami harap dengan dicalonkannya beliau kontestasi ini bisa berjalan dengan damai dan adem," tambah Habiburokhman.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud MD sebagai bacawapres pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Dia mengungkapkan, Mahfud bukan orang asing karena sudah mengenal cukup lama. Keduanya juga pernah bersama-sama mengurus Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Beliau sosok yang saya sendiri tidak asing, karena beliau pernah menjadi anggota Dewan Pembina di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, jadi saya sangat bisa mengerti dari cara berpikir jalan pikirannya," kata Megawati di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, hari ini.

Menurutnya, Mahfud adalah sosok intelektual. Bahkan dia menyebut mantan ketua MK itu sebagai pendekar hukum dan pembela rakyat kecil.

"Saya perhatikan pengetahuan beliau di masalah hukum cocok, sangat penuh dengan pengalaman dan pengetahuan. Sosok dengan pengalaman lengkap di lembaga legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Lalu Prof Mahfud juga dikenal rakyat sebagai pendekar hukum dan pembela wong cilik," ujar Mega.