Cerita Mahfud MD Soal Kemeja Putih yang Batal Dipakai Saat Pilpres 2019

ERA.id - Bakal calon wakil presiden (bacawapres) Mahfud MD mengenakan kemeja putih saat mendaftar sebagai peserta Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 bersama Ganjar Pranowo ke Komisi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Dia mengatakan, kemeja putih yang dikenakannya memiliki sejarah panjang. Sebab, lima tahun lalu pernah dipersiapkan untuk dipakai saat mendaftar sebagai cawapres pada Pilpres 2019.

"Baju yang saya pakai ini, baju putih ini, baju yang lima tahun lalu saya siapkan untuk dipakai mendaftar ke KPU, tapi tidak jadi," kata Mahfud di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023).

Lalu kemeja putih itu dia titipkan di kediaman ibudanya di Madura, Jawa Timur untuk disimpan.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu kembali mengabil kemaja putihnya setelah mendapat kabar dipinang oleh gabungan partai politik sebagai cawapres.

"Ketika saya dapat pesan yang kemungkinan besar saya akan dibawa dalam pencawapresan oleh koalisi PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo tanggal 16 (Oktober) kemarin, saya sowan ke ibu untuk mengambil baju yang tidak jadi dipakai ke KPU lima tahun lalu, sekarang saya pakai ke KPU hari ini," kata Mahfud.

"Masih muat. Kan badan saya sama seperti yang dulu," imbuhnya dengan penuh sumringah.

Setalah resmi menjadi bacawapres mendampingi Ganjar, Mahfud mengaku mendapat wejangan dari sang ibunda. Salah satu pesan yang dititipan yaitu tetap berlaku berprilaku lurus.

"Beliau mendoakan saya terus, mudah-mudahan berhasil, dan tetaplah menjadi yang selama ini menjadi anakku yang selalu lurus, jujur, dan berbakti kepada orang tua," pungkasnya.