Diusulkan Jadi Kandidat RI2, Gibran Gaspol Sowan Ketum di KIM

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku sudah bertemu dengan para ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Safari politik tersebut bertepatan dengan diusulkannya Gibran sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Hari ini muter ke teman-teman ketum-ketum koalisi," kata Gibran di acara ‘Indonesia Memanggil Gibran’ di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta, Sabtu (21/10/2023).

Namun dia tak mau mengungkapkan apa saja yang dibicarakan dengan para ketua umum partai. Dia hanya menyebut hasil pertemuan itu baik.

Gibran mau belum banyak bicara soal pencalonannya ini. Dia hanya mengatakan akan ada kejutan tambahan.

"(Hasilnya) baik," katanya.

"Ditunggu saja ya," imbuh Gibran.

Lebih lanjut, putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengucapkan terima kasih atas dukungan terhadap dirinya. Gibran berpesan semua pihak untuk menjaga suasana kontestasi lima tahunan tetap kondusif.

“Paling penting semuanya harus rukun enggak boleh ada yang berantem apalagi di sosial media. Pokoknya di bawa santai saja,” ujarnya.

Sebagai informasi, Gibran diketahui menemui Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di rumah dinasnya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (21/10) pagi.

Di hari yang sama, Partai Golkar menggelar rapat pimpinan nasional (rapimnas) yang mengusulkan Gibran sebagai bacawapres Prabowo.

Gibran juga sempat menyambangi Kantor DPP Partai Golkar di Slipi, Jakarta Barat setelah hasil rakernas diputuskan. Namun dia tak sempat bertemu Prabowo di markas partai berlambang pohon beringin itu.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sempat memberikan hasil rakernas partainya secara langsung kepada Gibran.

Sabtu sore, Gibran diketahui menemui Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra dikediamannya kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Yusril membocorkan bahwa Gibran sudah mendapat restu dari KIM sebagai bacawapres dan segera didekarasikan.