Pengamat Nilai Prabowo Pemimpin Berjiwa Besar untuk Indonesia

ERA.id - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dinilai sebagai pemimpin yang memiliki jiwa besar untuk kepentingan negara dan masyarakat Indonesia. Pasalnya, Prabowo mau melakukan rekonsiliasi dengan lawan politiknya yakni Presiden Joko Widodo (Jokowi) pasca Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

"Itu membuktikan Prabowo memiliki jiwa yang besar karena mau melakukan rekonsiliasi demi kebaikan bangsa," kata Direktur Eksekutif Survei and Polling Indonesia (SPIN) Igor Dirgantara dalam keterangannya, Minggu (29/10).

Menurutnya, langkah Prabowo Subianto itu memiliki dampak yang positif pada Pilpres 2024 mendatang. Langkah Prabowo itu mampu menekan dari polarisasi yang terjadi dalam dua edisi pilpres terakhir yakni 2014 dan 2019.

“Polarisasi akibat Pilpres 2014 dan 2019 menjadi diminimalkan berkat bersatunya dua kekuatan politik, Pak Prabowo dan Pak Jokowi,” ucap Igor.

Dia menyebut, jiwa besar yang ditunjukkan Prabowo sangat disukai oleh masyarakat luas. Masyarakat pun meyakini jika Prabowo merupakan sosok yang tepat untuk memimpin bangsa dalam lima tahun ke depan.

Kuatnya dukungan masyarakat terlihat dari tingginya elektabilitas Prabowo. Misalnya terlihat dari survei Indikator Politik Indonesia (IPI) terbaru periode 16-20 oktober yang memperlihatkan elektabilitas Prabowo di posisi satu dengan raihan 37 persen, unggul dari Capres PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo yang hanya 34,8 persen dan Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan di 22,3 persen.

Selain IPI, Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga merekam elektabilitas Prabowo di peringkat pertama dengan raihan 35,8 persen. Raihan itu mengalahkan Ganjar dengan 30,9 persen dan Anies di posisi buncit 19,7 persen.

"Kita bisa lihat Prabowo memiliki elektabilitas yang sangat tinggi," pungkas Igor.