Cara Mengatasi Akal Bulus Montir Bengkel 'Nakal' Saat Kendaraanmu Mogok di Daerah Wisata
ERA.id - Ketua Umum Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN), Hermas E Prabowo mengatakan, pengendara harus berhati-hati ketika menemui bengkel “nakal” pada daerah wisata.
"Konsumen perlu hati-hati dengan kehadiran 'bengkel atau mekanik musiman', yang muncul dan memanfaatkan situasi dalam kondisi konsumen terjepit, misalnya saat mogok di jalan,” kata Hermas, Senin kemarin.
Tidak hanya harus berhati-hati, pengendara juga harus terlebih dahulu mendapatkan kesepakatan harga untuk menghindari pemerasan.
Menurut dia, kesepakatan yang sudah ditentukan dari awal akan menghindari kecurangan dari montir yang memanfaatkan keadaan pengendara saat memiliki kondisi darurat.
Pengendara yang mendapati kondisi tersebut juga diminta untuk menagih jaminan atau garansi kepada pihak tersebut. Hal itu, agar nantinya pengerjaan benar-benar sampai tuntas.
"Minta jaminan kalau ganti apa masalah akan tuntas, kalau tidak tuntas siapa yang harus tanggung jawab. Kesepakatan harus dibuat di awal, sebelum dikerjakan jangan sampai di-corner,” tegas dia.
Sebelumnya di daerah wisata Puncak Bogor, sebuah keluarga menyatakan bahwa ban depan dari kendaraanya mengeluarkan asap.
Kejadian tersebut, membuat kendaraannya diarahkan ke bengkel dadakan, yang pada saat bersamaan juga ditemui banyak pengendara lain dengan masalah yang sama, yakni masalah pada bagian kampas rem.
Dalam kejadian tersebut, biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp450 ribu dan korban kemudian mem-viralkan kerugian itu di Tik-Tok. Orang nomor satu di PBOIN ini pun memastikan bahwa bengkel dan juga mekanik yang mengambil manfaat itu beroperasi di luar dari organisasi yang dijalaninya.
"PBOIN selalu meminta mekanik dan bengkel untuk kerja profesional, ikut kesepakatan dan aturan main yang sudah disepakati. Kami yakin mereka bukan anggota PBOIN, karena anggota kami benar-benar bengkel bukan bengkel musiman. Ada kode etik bengkel dan mekanik anggota PBOIN," ucap dia.