Persis Minta Polisi Tindaki Perusuh dan Provokator dalam Bentrok Berdarah di Bitung

ERA.id - Pimpinan Pusat (PP) Persatuan Islam (Persis) mendesak polisi mengusut kasus kerusuhan di Bitung, Sulawesi Utara. Persis menilai, ada aksi yang terindikasi melawan negara.

Dalam kerusuhan antara massa pendemo pro Palestina dan yang pro Israel tersebut, telah menelan korban jiwa.

"Usut tuntas kerusuhan di Bitung dengan menindak tegas para provokator dan para pelakunya sesuai hukum yang berlaku karena mereka jelas telah melawan sikap resmi negara," kata Atip, Minggu kemarin.

Menurut Atip, kerusuhan di Bitung dikarenakan sebuah provokasi. Karenanya, pemerintah harus segera mengusut dan menindak pelaku, karena provokasi dan tindakan yang memicu kerusuhan tersebut merupakan perlawanan terhadap sikap resmi dari pemerintah Indonesia yang anti Israel yang tidak mendukung penjajahan atas Palestina.

Malahan menurutnya, segala bentuk dukungan terhadap Israel, adalah perbuatan melawan kebijakan pemerintah, bahkan bisa terkategori makar. "Itu perbuatan makar, jadi pemerintah harus segera mengusut pelakunya dan kemudian menindak tegas jangan sampai kembali ada terjadi hal-hal yang demikian," ucapnya.

Kerusuhan di Bitung terjadi, Sabtu (25/11) antara dua kelompok massa terkait isu Palestina. Dua kelompok massa tersebut yakni Laskar Manguni yang disebut pro Israel dan massa pro Palestina.

Akibat bentrokan tersebut, membuat satu orang tewas dan dua lainnya mengalami luka-luka.

Terkait isu Palestina sendiri, Musykernas PP Persis tahun 2023 ini membuat sedikitnya tiga rekomendasi, yang pertama mereka sangat mengecam keras kekejaman Israel di Palestina dan mendesak lembaga dunia terutama PBB, OKI dan lembaga HAM internasional dengan segala kewenangan yang dimilikinya, untuk bersikap tegas dan keras dalam menghentikan pembantaian dan genosida oleh Israel yang telah membunuh belasan ribu jiwa warga Palestina, serta akan menuntut rezim Zionis Israel ke mahkamah internasional sebagai penjahat perang.

Kedua, PP Persis mendukung penuh perjuangan rakyat Palestina dalam upaya merebut kemerdekaan, serta mengembalikan hak-hak mereka atas tanah yang diduduki secara paksa dan ilegal oleh Zionis Israel.

Ketiga, mengapresiasi setinggi-tingginya pemerintah Indonesia atas segala perjuangannya membela rakyat Palestina serta ketegasan dukungannya di forum PBB maupun OKI, juga sumbangan kemanusiaan yang nyata yang telah disampaikan baik dari anggaran pemerintah maupun dari sumbangan rakyat Indonesia.