Nasrani Sejak 2014, Profil Kiki Fatmala Meninggal Dunia Akibat Komplikasi Kanker

ERA.id - Artis senior Kiki Fatmala meninggal dunia di usia 56 tahun akibat komplikasi kanker pada Jumat (1/12/2023). Kabar duka itu diumumkan oleh pihak keluarga melalui akun Instagram pribadinya. 

"Dengan kesedihan mendalam dan hati yang berat, kami ingin mengumumkan berpulangnya yang tercinta Kiki Fatmala, yang bukan hanya anggota terkasih keluarga kami, tapi juga seorang sahabat yang dikenal oleh banyak orang," tulisnya, dikutip dari akun Instagram @qq_fatmala

"Kiki Fatmala meninggal dunia pada 1 Desember 2023 pada usia 56 tahun, karena komplikasi akibat kanker," lanjutnya.

Profil Kiki Fatmala

Kiki Fatmala merupakan artis yang sudah berkecimpung di dunia akting sejak tahun 80-an. Ia lahir di Jakarta, 26 Oktober 1969. Sebelum terjun di dunia hiburan Tanah Air, Kiki Fatmala sebenarnya bercita-cita menjadi seorang pramugari.

Sebelum di dunia akting, Kiki Fatmala terjun menjadi model yang kerap menghiasi kalender. Film debut pertamanya adalah Permainan Dibalik Tirai. Setelah itu, ia membintangi film Kemesraan pada 1989. Selain itu, Kiki dikenal sebagai aktris yang sering membintangi film panas atau di tahun 1990-an dan beradu akting dengan trio Warkop DKI.

Pada 1993, Kiki membintangi serial komedi Ada Ada Saja yang menjadi sinetron pertamanya. Lalu, ia membintangi sinetron Mariam, Si Manis Jembatan Ancol yang membuatnya makin dikenal banyak orang.

Selain itu, film lainnya antara lain Pengakuan (1988), Malu-Malu Mau (1988), Kemesraan (1989), Antri Dong (1990), Masuk Kena Keluar Kena (1992), Hantu Jembatan Ancol (2008), Pijet Atas Tekan Bawah (2009), Comic 8 (2014).

Seiring berjalannya waktu, Kiki sudah tidak aktif di dunia hiburan Tanah Air. Ia memilih aktif berolahraga dan mengurus rumah tangga. Kiki lebih aktif sebagai guru aerobik dan mendirikan sanggar senam yang di beri nama Kifa.

Kiki menikah dengan Froeschel pada 14 Agustus 2004. Namun, pernikahannya harus kandas selama berjalan dua tahun. Diduga, perceraian terjadi karena tidak mendapatkan restu dari ibu Kiki Fatmala, Fatma Farida.

Kiki Fatmala juga pindah agama menjadi Nasrani pada tahun 2014. Ia membenarkan kabar telah pindah agama dari Islam menjadi Kristen. Ia mengaku merasakan kedamaian usai beribadah ke gereja. 

Kiki Fatmala didiagnosis menderita kanker paru-paru stadium 4 sejak 19 November 2021 lalu. Kiki membagikan proses pengobatan termasuk kemoterapi yang ia jalani sejak pertama kali dinyatakan menderita kanker.

Tes kanker pertama dijalani Kiki pada 23 November 2021. Terlihat, Kiki menjalani SABR Treatment, 6 kali kemoterapi, dan transfusi darah di rumah sakit di Singapura. Pada Kamis (21/4/2022), Kiki Fatmala umumkan sembuh dari kanker paru-paru yang dideritanya. Namun, kini Kiki Fatmala sudah meninggal dunia usai berjuang melawan penyakit kankernya.