Alasan Anies Datangkan Ayah Harun Al Rasyid Saat Debat Perdana Pilpres 2024

ERA.id - Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan mengungkapkan alasannya menghadirkan ayah Harun Al Rasyid saat debat perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Sebagai informasi, Harun merupakan anak muda korban kerusuhan protes hasil Pilpres 2019 lalu.

Menurutnya, ayah Harun adalah contoh nyata dari masyarakat yang tidak mendapatkan keadilan hukum. Adapun tema debat perdana adalah pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan pelayanan publik, penanganan disinformasi dan kerukunan warga.

"Kami tunjukkan untuk menjadi contoh bahwa ini bagian dari perubahan yang kita bawa," kata Anies di Riau, Rabu (13/12/2023).

Dia mengatakan, banyak persoalan hukum di Indonesia yang tidak jelas akhirnya. Oleh karena itu kedepannya perlu adanya perubahan dengan menuntaskan proses hukum yang ada sehingga pihak korban dan masyarakat merasakan keadilan. Kedua, harus ada kebenaran yang sesungguhnya terjadi.

"Bagi keluarga, itu penting betul apa yang sesungguhnya terjadi. Mereka tidak tahu (yang terjadi), tahunya anaknya sudah meninggal," ucapnya.

Ketiga, pentingnya kompensasi terhadap korban. Terakhir perlu adanya jaminan peristiwa yang sama tidak terulang kembali.

Oleh karena itu Anies menghadirkan orang tua Harun yang merupakan pendukung Prabowo Subianto saat Pilpres 2019, namun tewas saat kerusuhan hasil pemilu.

"Debat tadi malam saya sampaikan ini ada ayahnya Harun Al Rasyid, anak usia 18 tahun yang meninggal karena dia menjadi bagian pendukung Pak Prabowo di saat memprotes hasil Pilpres 2019. Tapi sesudah itu tidak pernah ada penyelesaian apapun, dan bagi orangtuanya, tidak pernah selesai apa yang sesungguhnya terjadi, tidak ada keadilan, tidak ada penegakan hukum," ucap Anies.

"Kita tidak ingin peristiwa itu terulang lagi. Bila ada peristiwa, maka ada ketegasan hukum," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam debat perdana Pilpres 2024 yang digelar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Selasa (12/12) malam, Anies memperkenalkan orangtua Harus Al Rasyid.

Dia megatakan, kasus tewasnya Harun Al Rasyid dalam kerusuhan di kawasan Slipi, Jakarta Barat, 22 Mei 2019 dalam visi misi debat capres. Ia mengkritik hingga kini kasusnya tidak ada kejelasan.

"Hadir bersama saya disini ayahnya Harun Al Rasyid, Harun Al Rasyid adalah anak yang meninggal pendukung Pak Prabowo di pilpres 2019," kata Anies.