Debat Cawapres 2024, Gibran Janjikan Pembangunan Tak Lagi Jawasentris

ERA.id - Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan akan melakukan pembangunan dan tak lagi jawasentris jika ia terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti.

"Kita akan lanjutkan hilirisasi bukan hanya tambang saja, tapi juga pertanian, perikanan, digital, dan lain-lain. Kita lanjutkan juga pemerataan pembangunan yang tidak lagi jawasentris," ujarnya dalam pidato pembuka Debat Perdana Cawapres 2024 di JCC, Jumat (22/12/2023).

Menurutnya, salah satu upaya pemerataan adalah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.   

"Pemerataan pembangunan itu wajib. Sekarang investasi yang ada di luar Jawa sudah ada 53%, pebangunan IKN yang berkelanjutan akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru, akses, dan juga konektifitas, sekaligus lapangan kerja," ujarnya.

Menurut Gibran, pemerintahan hari ini sudah berhasil mempertahankan stabilitas ekonomi dan ia akan melanjutkannya jika terpilih, termasuk membuka peluang investasi sebesar-besarnya, hilirisasi di berbagai bidang, dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kita akan lanjutkan jhiliraisasi bukan hanya tambang saja, tapi juga pertanian, perikanan, digital, dan lain-lain," ucapnya.

"Kita genjot terus ekonomi kreatif dan UMKM. Kita punya 64 juta UMKM yang menyumbang 61% untuk PDB (produk domestik nasional) kita," lanjutnya.

Debat kedua dalam rangkaian kampanye pemilu presiden yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) ini membahas tema seputar ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Sebelumnya, debat pertama yang mempertemukan ketiga calon presiden (capres) 2024 telah dilaksanakan pada Selasa (12/12/2023) lalu di Kantor KPU.