Viral! Bis Trans Jateng dan Semarang Nekat Lewan Arus, Mobil Ambulans Tak Bisa Melintas: Mohon Ditindak Tegas!

ERA.id - Sebuah video viral di media sosial menunjukkan mobil ambulans yang tidak bisa melintas akibat terhalang bis Trans Jateng dan Trans Semarang. Dua bis itu kedapatan melawan arus sehingga menyebabkan kemacetan.

Dari video yang beredar di akun Instagram @infokriminalsemarang, dua bis berwarna merah itu kedapatan melawan arus di persimpangan Citarum, Rabu (27/12/2023). Kejadian itu disebut bukan kali pertama yang terjadi dan dilakukan bis-bis Trans Jateng dan Semarang.

“Semarang yok bebenah mau sampai kapan begini. Pada tanggal 27 Desember 2023 sekitar pukul 08.00 WIB mau melaporkan bus trans Jateng nomor 01 dengan plat nomor H 7007 OV dan bus trans Semarang dengan nomor II 015 dan plat nomor H 7491 BW tkp TL Citarum telah melawan arah, melanggar marka jalan dan menghalangi laju ambulance,” tulis unggahan tersebut. 

Dari video yang dibagikan, terlihat mobil ambulans berwarna putih itu melaju dengan membunyikan sirine setelah melewati lampu merah. Namun mobil ambulans itu terhenti karena bis trans Jateng dan Semarang berada di jalur yang akan dilewati mobil ambulans. 

Terlihat bis trans Semarang berpindah jalur setelah menimbulkan kemacetan. Tidak berselang lama, trans Jateng juga ikut berpindah jalur dan memberi jalan untuk mobil ambulans. 

Dari video tersebut juga terlihat jalur yang seharusnya dilalui dua bis itu dalam kondisi yang cukup sepi. Sehingga tidak ada alasan untuk mengambil jalur lain dan melawan arus. 

Lebih lanjut, pemilik video berharap agar pemerintah setempat memberi bimbingan sekaligus menindak sopir-sopir bis yang nakal dan nekat melawan arus. Menurutnya, kejadian itu bukan lah yang pertama kali dilakukan bis trans Jateng dan trans Semarang. 

“Mohon untuk dinas terkait bisa untuk menindak tegas para sopir dan memberi bimbingan karena ini tidak 1/2 kali terjadi tapi berkali-kali dan itu sangat membahayakan pengguna jalan lain. Semoga bisa menjadi evaluasi untuk dinas terkait,” pungkasnya.