Jubir Timnas AMIN Heran Prabowo Hobi Nyapres Malah Tuding Anies Berambisi Jadi Presiden

ERA.id - Juru Bicara Timnas AMIN, Fauzan Fuadi, merasa bangga dengan Anies Baswedan yang dapat memaparkan pemikiran dengan lugas dan elegan dalam waktu yang terbatas pada Debat Pilpres Ketiga, Minggu (7/1/2024).

"Debatnya seru," kata Fauzan, Senin (8/1/2024).

Fauzan mengatakan ada beberapa hal yang dirinya sesali dalam debat tadi malam. Khususnya soal sikap capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, yang dinilainya terkesan mengedepankan emosinya dibanding argumen epik saat disodorkan pertanyaan oleh Anies.

"Sayangnya ada yang cepat emosi," jelasnya.

Menurutnya, forum debat capres merupakan kesempatan emas untuk menampilkan performa yang baik dan membantah semua anggapan negatif dari masyarakat. Termasuk penilaian temperamen yang acapkali dialamatkan ke Prabowo.  

"Tujuan KPU menyelenggarakan debat apa? Ya adu gagasan, adu data, adu argumentasi. Supaya masyarakat bisa mengenali profil calon dan ide yang dibawa. Seharusnya tetap elegan, merespons dengan tenang," ujar Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini.

Namun apa yang terjadi, lanjut Fauzan, Prabowo menilai Anies berambisi untuk menjadi presiden, bahkan menyebutnya menggunakan cara tak terpuji dengan mengadu domba masyarakat.  

"Malah (Prabowo) mengatakan jangan karena ambisi menjadi presiden, lalu mengadu-domba rakyat," lanjutnya.

Melihat tanggapan Prabowo seperti demikian, Fauzan mengaku sangat lucu. Padahal jika dibuka kembali rekam jejaknya, kata ambisi itu, seharusnya lebih tepat jika diarahkan ke Prabowo sendiri.

Pasalnya, Menteri Pertahanan tersebut tercatat sudah empat kali naik di podium debat, 2009 berpasangan dengan Megawati, 2014 bersama Hatta Rajasa, 2019 bergendeng dengan Sandiaga Uno dan pilpres kali ini 2024 berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.  

"Lho, ambisi itu kalau masuk gelanggang yang sama berkali-kali karena penasaran ingin menang, itu baru ambisi," pungkasnya.