Prabowo Sebut Pembangunan Tanggul Raksasa di Pantura Jawa Selesai 40 Tahun

ERA.id - Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus calon presiden (capres) Prabowo Subianto menerangkan pembangunan Tanggul Laut Raksasa atau Giant Sea Wall di Pantai Utara (Pantura) Jawa memakan waktu hingga 40 tahun.

"Masalah Giant Sea Wall mungkin nanti para engineer atau para pakar akan paham dan menyampaikan. Saya yakin masalah Giant Sea Wall ini akan membutuhkan waktu 40 tahun mungkin sampai selesai mungkin lebih," kata Prabowo dalam acara Seminar Nasional Giant Sea Wall, di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu (10/1/2024).

Menurutnya, pembangunan tanggul laut raksasa merupakan proyek jangka panjang. Dia pun menyebut pembangunan tanggul laut raksasa ini merupakan kewajiban agar tidak ada masyarakat yang tinggal di wilayah Pantura terdampak oleh air laut. Sebab, ada 50 juta masyarakat yang tinggal di kawasan Pantura.

"Ini masalah bukan apakah bisa atau tidak bisa, ini harus kalau tidak pantai utara tenggelam," ujarnya.

Prabowo mengakui anggaran untuk membangun proyek tanggul raksasa ini tidak sedikit. Meski begitu, dia menjelaskan tanggul raksasa perlu dibangun karena terjadi penurunan muka tanah terus menerus di kawasan Pantai Utara Jawa setiap tahunnya.

"Tadi kalau kita lihat untuk fase pertama saja tadi habis tuh Rp164 triliun ya kan, mungkin semuanya nanti yang saya pernah dengar akan memakan sampai USD50-60 miliar mungkin lebih. Nanti selalu akan ada yang mengatakan Apakah bisa? Ini masalah bukan apakah bisa atau tidak bisa, ini harus kalau tidak pantai utara tenggelam," ucap Prabowo.