Soal Peluang Kerja Sama Kubu 01 dan 03, Gerindra: Kominukasi Kami dengan Mereka juga Jalan

ERA.id - Kubu pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan kubu paslon nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD saling membuka peluang kerja sama apabila Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berlangsung dua putaran.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, kubu paslon nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka juga menjalin komunikasi dengan kubu paslon lainnya.

"Komunikasi itu berjalan bukan hanya 1 dan 3 saja. 2 dan 3 berjalan, 2 dan 1 juga berjalan," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Dia mengaku, komunikasi itu juga membuka peluang kerja sama politik dengan kedua kubu paslon lainnya.

Misalnya, dia pernah meminta kepada Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membuka peluag kerja sama politik antara partianya dengan PDIP.

"Dengan Mas Hasto saya sempat mengatakan bahwa kalau di antara kita pintu depannya masih tertutup, saya minta kalau bisa jendela di antara rumah kita dibuka, untuk kita sama-sama saling menyapa, mas Hasto hanya menggut-manggut," ucapnya.

Begitu pula komunikasi Partai Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai NasDem.

Muzani menegaskan, kerja sama politik tidak hanya seputar koalisi di ajang pilpres saja. Tetapi sangat terbuka untuk pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Pada akhirnya, kita akan bersendaugurau kembali, bersapa kembali, dan kita akan berbincang-bincang kembali," ucapnya.

Oleh karena itu, peluang kerjasama antara kubu Anies dan Ganjar yang terbuka menurutnya adalah hal yang biasa dalam politik.

"Jadi bagi kami, upaya komunikasi antara 1 dan 3 sesuatu yang biasa-biasa saja dan kami memahami itu sebagai sebuah komunikasi politik yang juga dilakukan oleh semua kekuataan, termasuk oleh kami," ucapnya.

Sebelumnya, terbukanya peluang kerja sama antara kubu paslon nomor urut satu dan tiga berawal dari pernyataan Ketua DPP PDIP Pua Maharani saat menghadiri debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu (7/1).

Menanggapi Puan, Anies dan Ganjar juga mengamininya. Belakangan, PKS pun menyatakan tak menutup mejalin kerja sama dengan PDIP.

Meski begitu, kedua kubu masih fokus untuk memenangkan paslon masing-masing pada putaran pertama Pilpres 2024.