Jangan Harap Ketemu Mobil di Lima Kota Ini

Jakarta, era.id - Kota-kota di dunia umumnya identik dengan pergerakan yang cepat. Masyarakatnya terbiasa menggunakan berbagai alat transportasi untuk mobilitas sehari-hari, seperti sepeda motor, mobil, atau kendaraan umum lainnya.

Tapi ternyata, kota-kota di negara ini enggak ada mobilnya sama sekali lho. Kendaraan bermotor sih ada, tapi dalam wujud yang lain. Bagus sih, lingkungan jadi terjaga kebersihannya. Berikut ulasannya seperti dikutip dari businessinsider.com.

1. Hydra, Yunani

 

Kota Hydra di Yunani (greekboston.com)

Hydra merupakan sebuah pulau yang terletak di Laut Aegea. Persisnya di antara Teluk Saronic dan Argolic. Kota utama di pulau itu adalah Hydra Port, sebuah kota Yunani klasik.

Di sana cuman ada rumah-rumah bercat putih. Terlihat seperti saling bertumpukan di bukit. Pemandangannya pun amazing banget karena lautnya biru dan bersih.

Kota ini asri, bersih, tentram, damai. Gak ada mobil satu pun di jalan-jalannya. Sebagai gantinya, mereka masih menggunakan sistem transportasi kuno seperti kereta kuda atau kudanya aja gitu.

2. Vauban, Jerman

Kota Vauban di Jerman (ecotelhado.com.co)

Kota Vauban di Jerman sengaja dibangun sebagai daerah yang ramah lingkungan dan sosial. Kota ini dibangun dengan sebuah aturan, tidak memperbolehkan mobil satu pun masuk ke kota ini.

Meski begitu, terdapat pusat bisnis, taman kota, hingga sekolah. Vauban bikin warga yang tinggal jadi sehat karena udaranya segar. Tak ada polusi berlebih di kota ini. Vauban kini dihuni oleh sekitar 5.000 jiwa. Bayangin aja, sehat-sehat deh tuh semua warganya.

3. Fire Island, Amerika Serikat

Fire Islands, New York, AS (flickr.com)

Pulau Api atau Fire Island terletak di New York, Amerika Serikat (AS). Meski namanya begitu, kota ini enggak ada mobil sama sekali. Kenapa?

Kota ini terletak di pulau yang luasnya enggak terlalu besar. Jadi ngapain gitu punya mobil di sana? Warganya pun menggunakan gerobak untuk melakukan aktivitas dan membawa beberapa barang.

4. Paqueta, Brasil

Kota Paqueta di Brasil (tripadvisor.com.br)

Paqueta juga merupakan sebuah pulau di Brasil. Pulau itu sebelumnya dihuni oleh Suku Indian Tomoio. Mereka hidup di bawah tanah untuk membuat pertahanan dan perlindungan diri.

Pulau itu juga tergolong bersejarah. Misalnya, Suku Tomoio bergabung bersama Portugis ketika Prancis menginvasi daerahnya. Semua juga tentang perjuangan hidup Suku Tomoio melawan kolonialisme.

Hingga kini, pulau itu sama sekali tak tersentuh kendaraan macam mobil. Jalanan kota ini juga dibuat dari batu-batuan. Tujuannya adalah menjaga kelestarian pulau dan mempertahankan kemiripannya dengan jaman dulu.

5. Giethoorn, Belanda

Giethoorn, Belanda. (mylittleadventure.com)

Sistem kanal di Belanda memang sudah sangat terkenal. Di beberapa kota besar, kita tentu bisa menjumpai mobil seliweran di jalan raya. Kecuali sebuah kota bernama Giethoorn.

Di Giethoorn, kita enggak bakal menemukan mobil. Sebab, lalu lintas di kota ini berjalan di atas air. Ya, kanal-kanal lah yang membuat mobilitas di kota itu jadi mungkin.

Kota ini, konon, didirikan oleh sekelompok buronan pada 1230 silam. Kota ini sangat indah dan memiliki banyak kanal. Transportasi andalannya ya jelas perahu.