Sangat Menguntungkan, Tips Kelola Usaha Sampingan yang Cocok Buat Pekerja Full Time

ERA.id - Banyak para pekerja full time yang mencari penghasilan tambahan melalui berbagai usaha sampingan yang dapat dilakukan tanpa menganggu pekerjaan sebagai karyawan. Mereka melakukan ini demi menciptakan stabilitas finansial yang baik.

Dengan perencanaan yang baik, manajemen waktu efektif, dan komitmen kuat, para pekerja berhasil melewati tantangan dan mencapai kesuksesan dalam bisnis. Mereka bisa melewati berbagai tantangan berat demi karir dan bisnisnya sukses.

Andanu Prasetyo, CEO Maka Group dan Founder Toko Kopi Tuku mengatakan tak ada masalah jika para karyawan memiliki usaha sampingan. Namun, para pekerja sekaligus pebisnis itu harus mengejar target yang dituju.

Lebih lanjut, Anadanu mengatakan membangun sebuah brand dan ingin mempromosikan brand, tentu harus mengetahui pasti siapa target marketnya. Kunci keberhasilan bisnis juga menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Konferensi pers DSC (Foto: Era.id/Adelia)

"Pada dasarnya pola bisnis kerja sampingan itu tidak apa-apa. Asalkan sesuai dengan targetnya," ujar Andanu Prasetyo, saat ditemui di TULUM Jakarta, Kebayoran, Jakarta Selatan pada Jumat (26/1/2024).

"Buat aku, bisnis mau kerja atau nggak kerja, konteks diperhatikan tahap market. Marketnya siapa, kenalan dulu dengan lokasi penjualan," lanjutnya.

Sementara itu, Surjanto Yasaputera, Ketua Dewan Komisioner DSC mengatakan pengusaha harus menganggap bisnisnya sebagai anak sendiri. Pebisnis harus memperhatikan produk yang akan dipasarkan ke masyarakat.

"Bisnis anggap anak sendiri. Banyak dari kita menganggap bisnis sebagai barang dagang. Bikin bisnis belum tentu sukses dan sudah sukses bisa berlaih ke bisnis lainnya." kata Surjanto.

Seorang pengusaha juga harus memahami situasi bisnis. Pengusaha harus bertanggung jawab terhadap segala kegiatan dalam bisnis yang sedang dijalankan. Agar bisa mencapai kesuksesan tersebut, pebisnis harus dapat menerapkan karakteristik pengusaha.

"Jadi pengusaha harus paham situasi bisnis yang mempengaruhi bisnis. Piawai berupaya bisnis, persona dengan karakter yang baik," lanjutnya.