Mahfud MD: Saya Sepakat Mundur tapi Tunggu Momentum

ERA.id - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD mengaku keputusannya untuk mundur dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (MenkoPolhukam)  sebagai jawaban dari pertanyaan publik yang resah sejak beberapa waktu lalu. 

Mahfud menekankan bahwa mundurnya dia dari jabatannya sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) menunggu momentum yang tepat.

"Saya katakan saya memang sudah lama bersepakat dengan Pak Ganjar untuk mundur, tapi nunggu momentum," kata Mahfud MD saat konferensi pers di Kabupaten Lampung tengah, Provinsi Lampung, Rabu (31/1/2024). 

Momentum itu dijelaskan Mahfud lantaran harus berdiskusi dengan Ganjar, kader partai yang mengusung, hingga Presiden. Dia juga mengakui bahwa pengunduran dirinya ini sebagai jawaban dari banyaknya pertanyaan publik sejak 23 Januari lalu.

"Maka hari ini saya sudah membawa surat untuk Presiden, untuk disampaikan ke Presiden langsung tentang masa depan politik saya yang belakangan ini menjadi perbincangan publik," ujarnya. 

Kendati memutuskan untuk mundur dari jabatan, Mahfud mengaku surat pengunduran dirinya belum diserahkan ke Presiden. Hal ini mengingat ia belum mendapat jadwal yang tepat untuk bisa bertemu langsung dengan Jokowi.

"Surat ini akan disampaikan begitu saya mendapatkan jadwal ketemu dengan Presiden, tapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu, begitu saya ketemu langsung, saya sampaikan surat ini," pungkasnya.