Mahfud MD Mundur dari Menko Polhukam, Ini Tanggapan Gibran

ERA.id - Calon Wakil Presiden (cawapres) nomor urut 2 yang sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menanggapi pengunduran diri Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Mahfud MD. Mahfud mundur dari kabinet Indonesia Maju karena dirinya berstatus cawapres mendampingi calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo. 

Hal ini disampaikan Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Kamis (1/2/2023). Dia menghargai keputusan Mahfud untuk mengundurkan diri dari pemerintahan Presiden Jokowi. 

”Ya kami menghargai keputusan Pak Mahfud,” kata Gibran. 

Saat ditanya apakah Gibran juga akan mengikuti langkah Mahfud MD, ia enggan memberikan jawaban. Gibran hanya mengucapkan terimakasih. 

”Makasih ya,” katanya. 

Sebagaimana diketahui, saat ini ada tiga orang kandidat capres dan cawapres yang masih menjabat dalam pemerintahan. Selain Mahfud MD, Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menjabat sebagai Wali Kota Solo. 

Pengunduran diri Mahfud MD ini disampaikan pada Presiden Joko Widodo pada hari ini, Kamis (1/2/2024). Mahfud menghadap presiden Jokowi di Istana Negara saat didampingi Menteri Sekretariat Negara Pratikno).