Prabowo Ungkap Strategi Atasi Kekurangan Dokter, Tambah Jumlah Fakultas hingga Beasiswa

ERA.id - Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto mengatakan ingin membangun rumah sakit modern di tiap kabupaten dan kota serta puskesmas modern di tiap desa. Terkait hal itu, ia membeberkan strategi untuk mengatasi kekurangan dokter di Indonesia.

"Kita kekurangan sekitar 140 ribu dokter dan itu akan kita segera atasi dengan cara kita akan menambah fakultas kedokteran di Indonesia," kata Prabowo dalam debat Capres dikutip Minggu (4/2/2024).

Ia menyebutkan fakultas kedokteran akan ditambah dari 92 menjadi 300. Lalu 10 ribu siswa SMA juga akan diberikan beasiswa kedokteran di luar negeri dan beasiswa sains dan teknologi.

"Kita rebut teknologi, kita rebut sains," ujarnya.

KPU RI menggelar Debat Kelima Capres Pemilu 2024 yang diikuti tiga capres di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB.

Debat kali ini mengangkat tema terkait kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat capres tersebut akan dipandu dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Kemudian, ada 11 orang panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024.