Sering Menginap di Rumah Warga Saat Kampanye, Ganjar Merasakan Langsung Persoalan Masyarakat

ERA.id - Calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menjelaskan alasan kebiasaannya menginap di rumah warga selama masa kampanye. Ia menyebut, tindakan tersebut membuatnya memahami dan merasakan langsung apa yang dialami oleh rakyat. 

"Dalam perjalanan saya keliling ke seluruh Indonesia dan 450 lebih titik di Indonesia, kami merasakan betul denyut-denyut yang dirasakan oleh rakyat. Mungkin saya adalah salah satu atau satu-satunya capres yang kalau kampanye tidur di rumahnya rakyat," kata Ganjar di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (9/2/2024).

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini mengungkapkan, setiap kali menginap di rumah warga, mereka tidak pernah membicarakan isu-isu yang berat, seperti oligarki, politik dinasti, korupsi, kolusi, dan nepotisme. Namun, topik obrolan yang muncul menyangkut persoalan kehidupan sehari-hari.

Ganjar mengatakan, masyarakat justru lebih sering  mengeluhkan soal kenaikan harga bahan pokok. Bahkan, kata dia, ada warga mengaku kesulitan mendapatkan pekerjaan dan harus menyogok jutaan rupiah untuk memperoleh kerja.

"Cerita ini sebenarnya cukup memberikan kepada saya apa yang dirasakan, kami tahu ibu ini merepresentasikan kelompok yang mana, kami tahu tak perlu musrenbang untuk ini, tak perlu hadirkan lebih banyak orang untuk tahu, cukup satu itu saja, merasakan itu," jelas Ganjar.