Umbar Tiga Janji, Ganjar-Mahfud: Kawal dan Tagih Janji Kami Kelak

ERA.id - Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengucapkan tiga janji apabila terpilih sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

Janji itu dibacakan oleh Mahfud di akhir kampanye akbar bertajuk 'Hajatan Rakyat' di Lapangan Pancasila Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024).

"Ini janji kami, jika nanti terpilih dan menjabat sebagai presiden dan wakil presiden tahun 2024-2029," ujar Mahfud.

Pertama, Ganjar-Mahfud akan menjaga dan memperkuat demokrasi serta nomokrasi, yaitu demokrasi yang mengandaikan adanya penegakan hukum yang berkeadilan.

"Demokrasi yang tidak memberi ruang bagi korupsi, kolusi, dan nepotisme. Demokrasi yang bisa memastikan siapapun tanpa peduli dia keluarga siapa, berhak memperoleh kehidupan yang lebih baik," kata Mahfud.

Kedua, mereka berkomitmen untuk menjadi pemimpin yang siddiq, amanah, takblir, fatonah. Akan selalu tunduk pada suara hati nurani dan kepentingan rakyat.

Mahfud menegaskan, dirinya dan Ganjar bukanlah calon pemimpin yang cacat moral apalagi memiliki beban masa lalu.

"Karena kami akan pastikan seluruh jiwa raga kami, kerahkan untuk kepentingan rakyat. Bukan kepentingan segelintir orang," kata mantan menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam) itu.

Ketiga, mereka berjanji akan selalu setia bersama rakyat, serta memenuhi hak sosial, ekonomi, dan budaya rakyat. Misalnya dengan membuka 17 juta lapangan kerja, menurunkan harga-harga bahan pokok, dan memastikan kesejahteraan petani serta nelayan.

"Kami tidak akan mengingkari kepercayaan yang dititipkan di pundak kami," ucapnya.

Di akhir orasinya, Mahfud meminta masyarakat kelak mengawal dirinya dan Ganjar menuntaskan tiga janji tersebut. Apabila nanti ada janji yang tak terpenuhi, dia berharap rakyat tak ragu untuk menagihnya.

"Apa janji yang sudah kami lakukan, Insyaallah sudah dihitung dari sekarang.. Bismillah, itulah janji kami. Kami mohon kepada seluruh rakyat Indonesia untuk terus mengawal dan menagih janji kelak kepada kami," pungkasnya.