Usai Didiagnosis Kanker, Raja Charles: Terima Kasih Banyak Dukungan dan Harapan Baiknya

ERA.id - Raja Charles untuk pertama kalinya menyampaikan pernyataan setelah didiagnosis kanker beberapa waktu lalu. Charles mengucapkan terima kasih atas doa dan juga dukungan yang diberikan untuk dirinya.

Melalui sebuah pernyataan resmi yang dirilis Istana Buckingham, Raja Charles menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah mendoakan kesembuhan untuknya. Pernyataan ini muncul setelah Istana Buckingham mengumumkan Charles akan menunda sejumlah kegiatan untuk perawatan.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas banyak pesan dukungan dan harapan baik yang saya terima dalam beberapa hari terakhir," kata Charles dalam sebuah pernyataan, dikutip Reuters, Minggu (11/2/2024).

Istana mengumumkan pada hari Senin bahwa raja berusia 75 tahun itu telah didiagnosis mengidap suatu jenis kanker, kurang dari 18 bulan setelah masa pemerintahannya.

“Seperti yang diketahui oleh semua orang yang terkena kanker, pemikiran baik seperti itu adalah penghiburan dan dorongan terbesar,” kata Charles.

Ayah dari Pangeran William itu mengatakan sangat menggembirakan mendengar bagaimana diagnosisnya telah membantu menyoroti organisasi yang mendukung pasien kanker di Inggris dan negara lain.

Berita tentang kanker yang dideritanya muncul setelah Charles menghabiskan tiga malam di rumah sakit bulan lalu di mana ia menjalani prosedur perbaikan untuk pembesaran prostat jinak.

Istana Buckingham belum memberikan rincian apa pun mengenai kondisinya selain mengatakan bahwa penyakitnya bukan kanker prostat, namun mengatakan bahwa raja tetap “sepenuhnya positif” dan berharap untuk kembali menjalankan tugas publik sesegera mungkin.

Istri Charles, Ratu Camilla, mengatakan pada hari Kamis bahwa Charles baik-baik saja.

Dengan raja menjalani perawatan dan istri Pangeran William, Kate, pulih dari operasi perut, tanggung jawab ada pada bangsawan yang tersisa, terutama William dan Camilla untuk memberikan wajah publik monarki.