Mulai Kini, Basarnas Menyelam 'Sendirian' Cari Korban Lion Air

Jakarta, era.id - Otoritas memperpanjang masa pencarian korban kecelakaan Pesawat Lion Air PK LQP mulai hari ini sampai Sabtu (10/11). Dalam pencarian masa perpanjangan ini, hanya tim dari Badan SAR Nasional (Basarnas) yang dikerahkan. 201 personel setidaknya akan diturunkan.

Jika sebelumnya unsur lain seperti TNI, Polri, Pertamina serta sejumlah instansi lain yang tergabung dalam tim gabungan turut menyelam mencari korban, kini mereka hanya akan disiagakan di dermaga.

"Ada 201 tim Basarnas yang bertugas pada hari ini. Itu jumlah keseluruhan, baik yang menjaga di posko JICT II maupun di perairan Tanjung Pakis, Karawang," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta Hendra Sudirman kepada wartawan, Kamis (8/11/2018).

Diketahui, ada enam unit kapal yang dikerahkan untuk melakukan pencarian. Kapal pertama berangkat sejak pukul 04.25 WIB. Kapal keenam berangkat pada pukul 09.15 WIB dan keduanya berangkat dari Pelabuhan JICT 2.

Hendra mengatakan, apabila masih belum menemukan objek yang dicari, para petugas akan terus berada di atas kapal hingga bermalam di kapal. Namun apabila membuahkan hasil, apa yang ditemukan akan dibawa ke pelabuhan JICT 2.

Di samping itu, masih ada 31 personel dari tim Disaster Victim Identification (DVI) yang bertugas mengidentifikasi korban di RS Polri. Sementara itu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) juga masih menginvestigasi penyebab jatuhnya pesawat nahas yang membawa 178 penumpang dewasa, satu anak dan dua bayi, serta dua pilot dan lima awak.

Tag: lion air jatuh